L0 Series

L0 Series

Yamanashi – Jepang untuk pertama kalinya melakukan ujicoba terhadap kereta “melayang” terbaru milik mereka yang mampu mencapai kecepatan 311 mil/jam. Kereta terbaru milik Jepang yang memiliki nama L0 Series tersebut memiliki teknologi magnetic levitation paling mutakhir yang menggantikan roda konvensional.

Kereta listrik masa depan ini telah diuji untuk pertama kali pada Rabu waktu setempat dan pihak Jepang berharap agar kereta listrik buatan mereka ini mampu masuk pasaran pada tahun 2027 mendatang. Uji pertama dari L0 Series tersebut dilakukan di lokasi pengujian yang terletak pada Perfektur Yamanashi. Hal ini seperti yang telah dikutip oleh Inautonews, Rabu (5/6/2013).

Gerbong kereta listrik yang menggunakan kekuatan magnetik tersebut ditarik oleh sebuah kendaraan khusus menuju ke jalur ujicoba. Sementara itu, untuk ujicoba jarak jauh terhadap L0 Series akan dilakukan pada bulan September mendatang. L0 Series sendiri merupakan hasil dari rancangan Central Japan Railway atau Pusat Kereta Api Jepang dan akan menghubungkan antara stasiun Tokyo dengan stasiun Nagoya.

Sebelumnya, waktu tempuh dari dua stasiun tersebut adalah selama 90 menit. Dengan menggunakan L0 Series, maka waktu tempuh akan turun menjadi 40 menit. L0 Series nantinya akan memiliki 16 gerbong dan sanggup membawa sekitar 1000 penumpang dalam sekali jalan.

Sebagai pengingat, Jepang untuk pertama kalinya memperkenalkan teknologi kereta listrik peluru pada tahun 1964 silam dengan nama “Shinkansen”. Sejak saat itu, Jepang terus melakukan penyempurnaan terhadap teknologi kereta listrik dan berhasil membuat sistem jalur kereta listrik paling mutakhir di dunia. Saat ini, mereka memiliki kereta listrik dengan kecepatan 199 mil/jam. Hingga saat ini, Jepang terus mengembangkan teknologi kereta listrik demi menjadi yang terdepan dalam hal tersebut. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)