Ayatullah Ali Khamenei

Ayatullah Ali Khamenei

Teheran – Pemilu Presiden Iran yang telah berlangsung pada Jumat 14 Juni lalu, kini telah berbuah satu nama yang berhasil menjadi Presiden Iran yaitu Hassan Rouhani. Memang dalam pemilihan Presiden kali ini diikuti sebanyak enam kandidat calon Presiden.

Dimana nantinya calon Presiden terpilih akan mengggantikan posisi Presiden Mahmoud Ahmadinejad. Posisi prestis Kepresidenan tersebut diperebutkan oleh Hassan Rouhani beserta lima orang lainnya. Bahkan sebelumnya nama Hassan Rouhani tidak terlalu terdengar gaungnya.

Namun sejak ia berhasil memimpin perolehan suara, Rouhani menjadi pusat perhatian beberapa pihak. Memang kampanye yang dilakukan Rouhani dibantu oleh dukungan yang kuat dari mantan Presiden Mohammad Khatami dan Akbar Hashemi Rafsanjani. Bahkan dengan mundurnya Mohammad Reza Aref sebagai pesaingnya maka ini sangat membantu ulama moderat tersebut.

Ayatullah Ali Khamenei selaku pemimpin tertinggi Iran mengungkapkan bahwa saat ini ia tidak terlalu memikirkan siapa yang menjadi Presiden Iran yang terpilih. Namun satu yang pasti adalah Pemilu Iran ini adalah sebuah kemenangan yang diperuntukkan bagi Republik Islam Iran.

Seperti yang dikutip dari Reuters, Minggu (16/6/2013), Khamenei, mengungkapkan bahwa Pemilu Iran ini menunjukkan sebuah kemenangan dari sebuah keyakinan dari sistem. Karena bagi Khamenei, Pemilu Iran lebih baik jika dibandingkan dengan Pemilu yang ada di Amerika Serikat (AS).

Karena bagi Khamenei, Pemilu di AS hanya diikuti oleh dua partai dan tentunya hanya dua calon kandidat Presiden. Bahkan baginya, Israel juga ikut campur dalam penyelenggaraan Pemilu di AS, seperti yang digambarkan dalam karikatur Pemilu AS. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)