Ilustrasi

Ilustrasi

Jakarta – Untuk mengetahui awal puasa ramadhan memang perlu dilakukan pemantuan hilal, ini bisa dilakukan dibeberapa titik yang ada di Indonesia, agar nantinya dimulai puasa ramadhan bisa diketahui secara pasti.

1 Ramadan 1434 H telah ditetapkan oleh pemerintah jatuh pada hari Rabu 8 Juli 2013. Menteri Agama Suryadharma Ali yang melakukan jumpa pers setelah sidang isbat pada Senin (8/7/2013), mengungkapkan bahwa “telah ditetapkan 1 Ramadhan 1434H jatuh pada hari Rabu 10 Juli 2013.”

Memang dalam melakukan penetapan awal puasa ramadhan selalu dilakukan sidang isbat, pada saat sidang isbat yang dilakukan pada senin (8/7/2013) dan di hadiri oleh pejabat Kementerian Agama serta belasan organisasi masyarakat Islam, tidak banyak terjadi perbedaan pendapat, setelah Mukhtar Ali selaku Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah membacakan hasil laporan dari pantuan di 33 titik wilayah di Indonesia yang menyatakan belum melihat hilal.

Dalam sidang isbat dihadiri oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama, Lembaga Persahabatan Ormas Islam, Wahdah Islamiyah, Alwasliah, dan Al Itihadiyah. (Choirul Anam – HarianIndo.Com)