Bambang Susantono Pantau Kondisi Lalin di Wilayah Pantura

Bambang Susantono

Jakarta – Tepat H-5 sebelum lebaran tahun 2013 ini, kondisi kendaraan yang ada di wilayah lalu lintas Pantai Utara (Pantura) sudah mulai meningkat. Hal ini diungkapkan oleh Bambang Susantono selaku Wamenhub, dimana pada umumnya kemacetan yang ada di Pantura masih di sekitar daerah itu-itu saja, sebelum adanya tol Cikampek-Palimanan.

Ketika dihubungi wartawan HarianIndo saat sedang memantau arus mudik di wilayah Pantura, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (3/8/2013), Wamenhub mengungkapkan bahwa beberapa titik kemacetan sebelum adanya tol terjadi di Simpang Jomin dan beberapa pasar tumpah yang tersebar di seluruh wilayah Pantura.

Bambang juga menuturkan bahwa kemacetan diduga akan terjadi pada siang dan sore ini. Dimana para pemudik motor diperkirakan akan mencapai 3 juta. Sedangkan untuk pintu keluar dari tol Cikopo, nantinya kapasitas kendaraan akan mencapai 2 hingga 3 kali lipat.

Bahkan Bambang juga menghimbau agar putaran balik tidak dibuka untuk sementara dalam arus mudik 2013 ini. Karena biasanya jika putaran dibuka maka warga lokal akan memanfaatkannya, sehingga rawan terjadinya kemacetan.

Nanti siang pihaknya akan melakukan pengecekan lagi menggunakan traffic counting yang ada di Ciasem. Hal ini bertujuan untuk memantau berapa kendaraan yang telah melintas per jamnya, tambah Bambang. (Rani Soraya – www.harianindo.com)