Pintu terowongan bagian Eropa

Pintu terowongan bagian Eropa

Istanbul – Turki diberitakan telah berhasil menyelesaikan proyek jalur kereta api bawah laut milik mereka yang menghubungkan antara kota Istanbul dengan daratan Asia. Hal tersebut sekaligus menjadi salah satu dari mega proyek Negara tersebut yang telah usai demi menuju masa depan yang lebih baik. Hal tersebut seperti yang telah diberitakan oleh Reuters, Senin (5/8/2013).

Terowongan bawah laut dengan panjang sekitar 13,6 km tersebut sekaligus menjadi terowongan bawah laut terpanjang didunia yakni dengan kedalaman mencapai 56 meter. Terowongan tersebut juga telah selesai diujicoba secara resmi oleh pihak Pemerintah Turki dengan dihadiri oleh Perdana Menteri Turki, Tayyip Erdogan.

Lebih jauh, proyek tersebut merupakan salah satu bagian dari mega proyek Istanbul senilai 5 miliar USD. Kedepannya, proyek tersebut akan terdiri dari total lintasan sepanjang 76 km yang akan menghubungkan wilayah Turki yang berada di daratan Asia dengan Eropa.

Proses pembangunan proyek tersebut dimulai pada tahun 2004 silam dengan melibatkan pihak pemerintah Turki yang bekerja sama dengan pihak Jepang. Proyek tersebut sendiri mendapatkan pembiayaan dari Japan Bank for International Cooperation dan European Investment Bank. (Rani Soraya – www.harianindo.com)