Helle Thorning Schmidt

Helle Thorning Schmidt

Kopenhagen – Helle Thorning Schmidt, Perdana Menteri Denmark diberitakan telah mencopot sebanyak tujuh menterinya. Hal tersebut seperti dirilis oleh AP, Jumat (9/8/2013). Salah satu dari tujuh menteri dalam kabinetnya tersebut adalah Menteri Pertahanan. Selain itu, terdapat pula Menteri Perdagangan dan Investasi.

Sebagai catatan, khusus untuk Kementrian Urusan Eropa dijadikan satu dengan Kementrian Perdagangan dan Investasi. Oleh karena kebijakan baru tersebut, saat ini susunan kabinet Denmark yang sebelumnya terdiri dari 23 kursi, kini tinggal 22 kursi.

Secara rinci, Henrik Sass Larsen saat ini menjadi Menteri Bisnis dan Pertumbuhan. Nick Haekkerup saat ini resmi menjabat sebagai Menteri Perdagangan dan Urusan Eropa. Sebagai catatan, Haekkrup sebelumnya menjabat sebagai Menteri Pertahanan.

Formasi lain yang berubah adalah Nikolai Wammen yang kini menjabat sebagai Menteri Pertahanan. Wammen sendiri sebelumnya merupakan Menteri Urusan Eropa. Sementara itu, Menteri Sosial dan Integrasi saat ini diduduki oleh Annette Vilhelmsen.

Posisi sebagai Menteri Pangan dan Pertanian kini dijabat oleh Karen Haekkerup yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Sosial dan Integrasi. Terakhir, Menteri Transportasi saat ini dijabat oleh Pia Olsen Dyhr yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Perdagangan dan Investasi. (Rani Soraya – www.harianindo.com)