Benjamin Netanyahu

Benjamin Netanyahu

Jerussalem – Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu akhirnya berhasil melalui operasi hernia yang dilakoninya dengan sukses. Tim dokter menyatakan bahwa Netanyahu sudah bisa dibawa pulang dalam beberapa jam namun tetap membutuhkan waktu beberapa hari untuk menjalani pemulihan, rilis Reuters, Minggu (11/8/2013).

Dalam jangka waktu operasi yang berjalan sekitar satu jam tersebut, kekuasaan Netanyahu sementara dipegang oleh Menteri Pertahanan Israel Moshe Yaalon. Selain itu, Yaalon juga memimpin jalannya rapat kabinet yang membahas tentang pemilihan tahanan Palestina yang hendak dilepas sebagai salah satu prosedur pembicaraan damai yang disponsori oleh Amerika Serikat.

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Jerussalem Yuval Weiss menyatakan bahwa operasi tersebut dijalankan setelah dirinya mendapatkan pemberitahuan singkat dari kantor Netanyahu. Pemberitahuan tersebut menyatakan bahwa Netanyahu mengeluh sakit perut bagian bawah dan selanjutnya didiagnosa menderita hernia sehingga membutuhkan operasi.

“Perdana Menteri merasa baikan setelah operasi tersebut berlangsung dan saat ini beliau telah sadar,” ujar Weiss dalam sebuah jumpa pers.

Lebih jauh, Weiss menyatakan bahwa Netanyahu kemungkinan besar akan bisa dibawa pulang pada Minggu sore namun tentu saja pria berusia 63 tahun tersebut tetap membutuhkan waktu pemulihan. (Rani Soraya – www.harianindo.com)