Joseph Dunford

Joseph Dunford

Kabul – Pasukan Taliban nyatanya masih memberikan kesulitan tersendiri terhadap para tentara Afghanistan. Hal tersebut ditandai dengan adanya peningkatan terhadap jumlah tentara Afghanistan yang tewas pada periode kali ini sebelum pasukan NATO resmi meninggalkan wilayah tersebut tahun depan. Hal tersebut sebagaimana telah dilansir oleh AFP, Selasa (3/9/2013).

“Jumlah tentara dan polisi Afghanistan yang meninggal kali ini sangat besar,” tutur Jenderal Joseph Dunford, pemimpin misi NATO di Afghanistan.

Lebih jauh, pria tersebut menambahkan bahwa kondisi tersebut tidak serta merta merupakan tanda bahwa pasukan Taliban akan menang melawan tentara Afghanistan. Dunford hanya menyatakan bahwa tentara Afghanistan masih membutuhkan tambahan pelatihan.

“Waktu akan memberikan bukti bahwa keputusan NATO kali ini tepat atau tidak. Menurutku, tentara Afghanistan baru akan siap menghadapi pasukan Taliban dalam kurun waktu tiga atau lima tahun kedepan. Itulah saat mereka tidak lagi membutuhkan bantuan kami” pungkasnya.

Sebagai catatan, tentara Afghanistan saat ini terdiri dari 350 ribu personil. Jumlah kematian dari tentara Afghanistan melawan pasukan Taliban sendiri kini mengalami peningkatan sejumlah 15-20% daripada tahun lalu. (Rani Soraya – www.harianindo.com)