Home > Gaya Hidup > Tips Lamaran Kerja: 4 Kemampuan yang Wajib Dicantumkan Dalam Resume

Tips Lamaran Kerja: 4 Kemampuan yang Wajib Dicantumkan Dalam Resume

Tips Lamaran Kerja: 4 Kemampuan yang Wajib Dicantumkan Dalam ResumeSurabaya – Setiap perusahaan dan industri yang berbeda jelas mmebutuhkan skill atau kemampuan yang berbeda juga. Namun ada beberapa kemampuan yang wajib untuk dikuasai para pelamar kerja dan pastinya akan dicari oleh tiap perusahaan.

Seperti dilansir dari jobsDB (Rabu, 6/8/2014), berikut empat skill atau kemampuan dasar yang wajib dikuasai para jobseeker:
Menguasai Teknologi, kemampuan untuk menjalankan komputer dengan beberapa software seperti Microsoft Word, PowerPoint, Excel dan sebagainya. Hal ini menjadi keahlian yang wajib dikuasai, karena hampir setiap perusahaan masa kini telah menggunakan komputer dan minimal Microsoft Office untuk menjalankan usaha. Selain software dasar tersebut, Anda bisa memperkaya diri dengan menguasai software lain yang sesuai dengan bidang pekerjaan, misalnya Photoshop ataupun AutoCAD.
Kemampuan Komunikasi, yaitu keahlian untuk berkomunikasi dengan jelas untuk mengekspresikan pikiran atau ide adalah sebuah kemampuan yang sangat berharga. Cobalah membaca buku untuk mengenal cara berkomunikasi yang baik, mulai dari gestur tubuh hingga tutur kata, lalu berlatihlah di depan cermin untuk memantapkannya.
Kepemimpinan dan Kemampuan Beradaptasi, kemampuan karyawan untuk menjadi pemimpin dalan sebuah tim kerja adalah nilai plus yang dicari tiap perusahaan. Walaupuan terbilang sebagai sifat dasar seseorang, jangan khawatir karena kemampuan itu dapat dilatih dan dibiasakan.
Skill dalam Public Relations atau Customer Service, kemampuan ini sangat dibutuhkan jika ingin melamar pekerjaan di perusahaan yang mengandalkan tenaga kerja di bagian customer service, seperti di hotel, bank, retail ataupun manufaktur untuk menjaga hubungan dengan klien dan memastikan kepuasan dari pelanggannya. Untuk meningkatkan kemampuan ini, cobalah dengan mulai menyimak perkataan tiap orang, tidak hanya sekedar mendengarkan.

Itulah 4 kemampuan yang wajib dimiliki untuk para pelamar kerja dan akan membuat resume Anda jadi lebih kompetitif dan menarik. Semoga bermanfaat. (Choirul Anam – www.harianindo.com)

x

Check Also

Ini Sepatu Nike Seharga Rp 2 Juta Yang Dikenakan Jokowi

Ini Sepatu Nike Seharga Rp 2 Juta Yang Dikenakan Jokowi

Jakarta – Netizen dibuat kagum dengan penampilan beda dari Presiden Joko Widodo saat melakukan kunjungan ...