Tips Agar Tidak menangis Saat mengiris Bawang



19/11/2014

Tips Agar Tidak menangis Saat mengiris BawangJakarta – Tips Agar Tidak menangis Saat mengiris Bawang. Bagi sebagian orang memotong bawang merah adalah aktifitas yang sangat menyebalkan, karena memang saat memotong bawang mata kita akan terasa sangat pedih hingga mengeluarkan air mata.

Hal ini dikarenakan saat dipotong terjadi reaksi kimia yang menyebabkan iritasi pada mata. Sehingga menyebabkan mata Anda berkaca-kaca. Dilansir laman Republika berikut tips memotong bawang agar tidak mengeluarkan air mata:

  1. Pastikan pisau yang Anda gunakan untuk memotong bawang merah tajam. Pisau yang tajam akan meminimalisir kerusakan pada dinding sel bawang merah sehingga lebih sedikit reaksi kimia yang terjadi.
  2. Mengatur jarak antara tangan dengan mata. Tak hanya jaga jarak, ketika memotong pastikan anda mengiris bawang dengan cepat.
  3. Memotong bawang dengan benar juga dapat mengurani iritasi yang terjadi pada mata Anda sebaiknya memotong bawang dari satu arah, jangan dua arah sekaligus.
  4. Bisa juga dengan mendinginkan terlebih dahulu bawang yang akan Anda potong. Pasalnya bawang yang dingin dapat mengurangi propanethal S-oksida akan menguap. Sehingga iritasi pada mata Anda kan berkurang.
  5. Tentukan posisi, posisi talenan dekat dengan kompor ternyata dapat membantu mengurangi iritasi. Pasalnya hawa panas yang terjadi ternyata mampu mengurangi panas pada mata.

Demikian tips agar mata tidak panas saat mengiris bawang, semoga dapat membantu (Nailah Azka – www.harianindo.com).



Google+ comment widget by skipser

Photo Gallery