Berita ISIS Terkini: AS Desak Turki Lawan ISIS



23/11/2014

Berita ISIS Terkini: AS Desak Turki Lawan ISISAnkara – Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, telah melakukan kunjungan kenegaraan ke Turki, dan bertemu Presiden Turki, Tayyip Erdogan. Dalam kunjungan tersebut, Wapres Biden terus mendesak Turki untuk mulai lebih aktif berperan dalam peperangan melawan pergerakan kelompok radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

Wapres Biden dan Presiden Erdogan juga membahas masalah krisis di wilayah perbatasan antara Turki dan Suriah. Masalah yang dibahas bukan hanya mengenai peperangan antara pasukan Pemerintah Suriah yang mencegah ISIS untuk menguasai perbatasan, namun juga pencegahan untuk masuknya pejuang atau simpatisan ISIS ke Suriah melalui Turki.

Seperti dilansir dari BBC (Sabtu, 22/11/2014), Wapres Biden mengatakan bahwa AS dan Turki telah bersahabat sejak lama. Biden menghimbau bahwa sesama anggota NATO sudah saatnya bagi Turki untuk bahu membahu menyelesaikan masalah yang sama, yang dalam hal adalah ISIS.

Meski masalah terkait pergerakan ISIS di perbatasan Turki-Suriah belum juga usai, Pemerintah Turki terkesan kurang aktif untuk menyelesaikannya. Pemerintah Turki “hanya” menempatkan sejumlah pasukannya di sekitar perbatasan tersebut, serta memberlakukan kebijakan khusus yang mengijinkan tentara Kurdi dari Irak untuk melintasi wilayahnya dalam operasinya untuk membasmi ISIS.

Baca juga
Berita ISIS Terkini: Pria Sydney Diadili Karena Terlibat Perekrutan Anggota ISIS
Berita ISIS Terkini: Rilis Video, ISIS Bakar Paspor Perancis

Adapun beberapa pengamat menilai bahwa sejatinya rencana Turki dan ISIS di Suriah adalah sama. Meski tentu beda cara, Turki juga bersikap kontra terhadap Pemerintahan Presiden Suriah, Bashar al Assad, dan bahkan juga berusaha untuk melengserkannya. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)



Google+ comment widget by skipser

Photo Gallery