Boedeaux – Jerman akhirnya berhasil mengakhiri kutukan lawan Italia di laga internasional setelah pada pertandingan perempat final Euro 2016 di Stade Matmut-Atlantique, Minggu (3/7/2016) dinihari WIB menyingkirkan Italia lewat drama adu penalti 6-5 setelah pada dua kali waktu normal dan dua kali waktu tambahan keduanya berbagi angka sama 1-1.

Berita Euro 2016: Jerman Singkirkan Italia Lewat Drama Adu Penalti

Tim panser Jerman berhasil unggul lebih dulu pada babak kedua menit ke-65 lewat tendangan Mesut Ozil setelah mendapatkan umpan matang dari Jonas Hector.

Italia baru dapat menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-78 lewat eksekusi tendangan penalti yang dilakukan Leonardo Bonucci setelah sebelumnya Jerome Boateng melakukan handsball di kotak terlarang.

Kedudukan imbang 1-1 ini bertahan hingga akhir babak kedua dan dua kali waktu tambahan, sehingga penentuan siapa yang berhak lolos ke babak semifinal Euro 2016 harus melalui adu tendangan penalti.

Dari sembilan penendang Italia, empat di antaranya gagal mengeksekusi dengan baik, yakni Simone Zaza, Graziano Pelle, Bonucci, dan Matteo Darmian.

Sedangkan di kubu Jerman, ada tiga penendang yang gagal yaitu Thomas Mueller, Oezil, adan Bastian Schweinsteiger.

Hasil Adu Penalti

Italia:
Inzigne berhasil
Zaza gagal
Barzagli berhasil
Pelle gagal
Bonucci gagal
Giaccherini berhasil
Parolo masuk
De Sciglio berhasil
Darmian gagal

Jerman:
Kroos berhasil
Ozil gagal
Muller gagal
Draxler berhasil
Schweinsteiger gagal
Hummels berhasil
Kimmich berhasil
Boateng berhasil
Darmian berhasil

Dengan kemenangan ini Jerman lolos ke babak semifinal Piala Eropa 2016 dan akan bertemu dengan pemenang antara Prancis dan Islandia yang baru akan bertanding pada Senin (4/7/2016) dinihari WIB besok.
(Samsul Arifin)