Home > Teknologi > Sains > Ilmuwan Temukan Protein Yang Baik Untuk Manusia Pada Susu Kecoak

Ilmuwan Temukan Protein Yang Baik Untuk Manusia Pada Susu Kecoak

Jakarta – Kecoak adalah binatang yang sangat menjijikkan yang hampir semua orang akan menghindarinya, bahkan membunuhnya dengan obat anti serangga bila bertemu dengan serangga yang satu ini. Namun tahukah Anda bila susu yang dihasilkan kecoak ternyata mempunyai kandungan gizi empat kali lebih baik dari susu sapi?

Ilmuwan Temukan Protein Yang Baik Untuk Manusia Pada Susu Kecoak

Seperti dikutip dari Science Alert, Senin (25/7/2016), peneliti dari Institute for Stem Cell Biology and Regenerative Medicine di India menemukan fakta bahwa induk kecoak jenis tertentu menghasilkan cairan yang jauh lebih bernutrisi dibandingkan dengan susu sapi.

Namun yang harus diingat, tidak semua kecoak menghasilkan, tapi hanya kecoak dari spesies Diploptera Punctata yang menghasilkan sejenis cairan bagi makanan larvanya. Cairan inilah yang nilai gizinya empat kali lebih istimewa dibandingkan susu sapi.

Susu kecoak jenis mengandung kristal protein yang di dalamnya mengandung semua gizi yang diperlukan bagi pertumbuhan.

“Kristal ini seperti makanan lengkap. Mengandung protein, lemak, gula, dan memiliki semua asam amino esensial,” terang salah satu peneliti, Sanchari Banerjee, kepada Times of India.

“Kristal ini sangat stabil. Dapat menjadi suplemen protein yang fantastis,” sambung peneliti lainnya, Ramaswamy.

Namun demikian, adalah sesuatu yang yang sangat sulit mengambil cairan yang dimaksud, tidak semudah memerah susu sapi. Karena itu, peneliti sedang mengembangkan penelitiannya untuk menganalisa rantai gen sehingga membuat Diploptera Punctata mampu memproduksi kristal protein itu. Tujuan akhir dari analisa tersebut agar peneliti dapat membuat tiruan dari susu kecoak ini.
(Samsul Arifin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CAPTCHA Image
Refresh Image

*

12465455_10205256660160520_652338149_o

Portal Berita Indonesia

 

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

 

Aktual, Faktual dan Humanis