Surabaya – Tim robot Ichiro dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya meraih gelar juara umum pada ajang Federation of International Robot-Soccer Association Humanoid Robot Cup (FIRA Hurocup) 2016 yang diadakan di Beijing, Tiongkok.

Robot Asal ITS Raih Juara Umum Ajang Internasional Beijing

Di ajang itu, ITS sukses meraih delapan medali yang digelar pada 14 hingga 18 Desember 2016. Banyaknya perolehan poin yang diraih tim robot Ichiro ITS membuatnya keluar sebagai juara. Ini merupakan kali pertama robot Ichiro menembus kancah internasional.

Tim Ichiro ITS mengikuti enam kategori dari 10 kategori yang dilombakan. Jumlah tim peserta sebanyak 23 tim dari 9 negara, yaitu Tiongkok, Taiwan, Indonesia, Malaysia, India, Meksiko, Kanada serta Korea.

Kompetisi demi kompetisi yang digelar selama lima hari akhirnya membuahkan hasil bagi tim Ichiro. Semangat yang membara serta doa yang tak kunjung usai, menghantarkan tim Ichiro berhasil meraih delapan medali dan keluar sebagai juara umum FIRA Hurocup 2016 ini.

Satria Hafizuddhin selaku Ketua Tim Ichiro ITS, mengatakan hari pertama kompetisi FIRA Hurocup 2016 tersebut belum membawa berkah bagi ITS. Pada hari pertama tim Ichiro sempat mengalami sedikit kendala, Tim ITS kewalahan menghadapi masalah ketidaksesuaian informasi dengan peraturan yang berlaku.

Baca juga: Penjelasan Ilmiah Mengapa Pria Suka Pada Payudara Wanita

“Terdapat beberapa perbedaan peraturan yang berlaku pada hari pertama dengan peraturan yang disepakati pada technical meeting sebelumnya,” kata Satria, dalam rilisnya kepada awak media, Senin (19/12/2016). (Yayan – harianindo.com)