Home > Ragam Berita > Internasional > Sir Ivan Rogers Mundur dari Dubes Inggris untuk Uni Eropa

Sir Ivan Rogers Mundur dari Dubes Inggris untuk Uni Eropa

London – Sir Ivan Rogers selaku Duta Besar Inggris untuk Uni Eropa (EU) memutuskan untuk mengundurkan diri dari posisinya di Brussel, sebagaimana yang dilaporkan Financial Times, Selasa (3/1/2017) waktu setempat.

Sir Ivan Rogers Mundur dari Dubes Inggris untuk Uni Eropa

Sir Ivan Rogers

Pada 2013, Rogers ditunjuk oleh perdana menteri David Cameron guna menjalankan tugas sebagai wakil tetap Inggris untuk EU. Dia diharapkan bisa memainkan peran kunci dalam perundingan Brexit, yang diperkirakan akan dimulai dalam beberapa bulan setelah pengganti Cameron, Theresa May, mulai mendorong proses pemisahan Inggris dari Uni Eropa pada Maret.

Sebagaiman yang dilansir The Sun pada Rabu (4/1/2017), Rogers sebenarnya berencana mundur dari jabatannya di Brussel menjelang akhir tahun ini namun ia memutuskan untuk melakukannya lebih cepat setelah terjadi ketegangan dengan Downing Street (kantor perdana menteri).

Surat kabar mingguan yang berpusat di Brussel, Politico Europe, dalam laporan singkatnya mengatakan bahwa Rogers menghadapi kritik setelah melalui kebocoran di BBC. Dari informasi yang bocor itu terungkap bahwa Rogers memperkirakan kesepakatan baru perdagangan dengan Inggris pasca-Brexit akan memakan waktu setidaknya 10 tahun.

Departemen Luar Negeri dan Persemakmuran di London mengatakan pihaknya pada saat ini tidak akan memberikan komentar soal pengunduran diri Rogers.

Sebagai Wakil Tetap Inggris untuk EU, Rogers secara umum memiliki tanggung jawab atas kantor perwakilan serta mewakili Pemerintah Inggris pada pertemuan-pertemuan mingguan yang digelar oleh Komite Perwakilan Tetap dalam Dewan Uni Eropa. Komite tersebut menangani masalah politik, keuangan, peradilan, ketertiban dan kebijakan luar negeri. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wow, Negara Ini Beri Jaminan Kepada Warganya Rp 7,8 Juta per Bulan

Wow, Negara Ini Beri Jaminan Kepada Warganya Rp 7,8 Juta per Bulan

Jakarta – Negara Finlandia membuat kebijakan baru terkait jaminan sosial bagi warganya dengan memberi US$ ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis