Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Terlalu Sering Konsumsi Pizza Ternyata Bisa Berdampak Bagi Kesehatan Anda

Terlalu Sering Konsumsi Pizza Ternyata Bisa Berdampak Bagi Kesehatan Anda

Jakarta – Sebagian besar masyarakat dunia bisa dipastikan mengenal yang namanya makanan khas Italia, Pizza, tak terkecuali di Indonesia sendiri. Pizza memang makanan favorit banyak orang di dunia, termasuk Indonesia. Di Amerika sendiri, 1 dari 8 orang mengonsumsi pizza setiap harinya.

Terlalu Sering Konsumsi Pizza Ternyata Bisa Berdampak Bagi Kesehatan Anda

Pizza

Di Indonesia sendiri memang belum ada data kongkrit mengenai konsumsi pizza. Namun, faktanya saat ini restoran-restoran yang menyajikan menu pizza semakin lama semakin banyak. Namun, ternyata Pizza memiliki dampak bagi kesehatan jika anda terlalu sering memakannya. Berikut ini penjelasannya seperti dikutip dari Klikdokter.com.

1. Tinggi kalori.

Sepotong pizza ternyata mengandung sekitar 500 kalori. Memang sih, jumlah kalori ini bergantung dari topping yang digunakan, misalnya keju, daging atau hanya sayuran. Tapi ingat, makan terlalu banyak kalori dapat menyebabkan bertambahnya berat badan bahkan hingga obesitas.

2. Tinggi lemak.

Sepotong pizza mengandung kurang lebih 26 gram lemak dan hampir seluruhnya merupakan lemak jenuh. Pizza juga mengandung lemak trans yang tidak baik untuk kesehatan. Lemak jahat ini akan meningkatkan kolesterol darah serta risiko penyakit jantung.

3. Tinggi garam.

Sepotong pizza mengandung 500 hingga 700 mg sodium atau garam. Pizza yang dibekukan atau frozen pizza mengandung lebih tinggi kadar sodium dibandingkan fresh baked pizza (pizza yang langsung dipanggang), yaitu 900 mg. Institute of Medicine merekomendasikan Anda membatasi konsumsi garam tidak lebih dari 1.500 mg per hari. Konsumsi garam yang berlebihan bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah.

4. Bahan pengawet.

Pizza biasanya menggunakan daging olahan. Daging seperti ini mengandung bahan pengawet serta kadar garam yang tinggi.Padahal bahan pengawet bisa memicu terjadinya kanker. Mengkonsumsi daging merah dan daging olahan juga telah dikaitkan dengan kanker usus.

Baca Juga : 5 Makanan Bagi Penderita Insomnia

Pada 2011, pemerintah Inggris merekomendasikan bahwa masyarakat tidak boleh mengonsumsi lebih dari 70 g dalam sehari. Karena itu, mulai sekarang ada baiknya Anda membatasi mengkonsumsi pizza secara berlebihan.

(bimbim – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Edan! Gunting Operasi Bisa Tertinggal di Dalam Perut Pria Ini Selama 18 Tahun

Edan! Gunting Operasi Bisa Tertinggal di Dalam Perut Pria Ini Selama 18 Tahun

Jakarta – Sudah sering terdengar seorang pasien yang merasakan keluhan di dalam tubuhnya karena peralatan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis