Home > Ragam Berita > Internasional > Ratusan Narapidana Mendapat Remisi dari Mantan Presiden AS

Ratusan Narapidana Mendapat Remisi dari Mantan Presiden AS

Washington – Keringanan hukuman diberikan kepada 330 pelaku pelanggaran. Hal tersebut pun diberikan langsung oleh mantan Presiden Barack Obama. Hal tersebut pun membuat rekor. Sebab, remisi dikeluarkan dalam satu hari saja menjelang kepergian Obama dari Gedung Putih.

Ratusan Narapidana Mendapat Remisi dari Mantan Presiden AS

Mantan Presiden AS Barack Obama

Sebagaimana diberitakan Reuters padaa Jumat (20/1/2017), kebijakan tersebut menjadi langkah kedua serupa yang dilakukan Obama pekan ini setelah keputusan mengejutkan untuk meringankan hukuman Chelsea Manning.

Untuk diketahui, tentara transgender itu sebelumnya dijatuhi hukuman penjara selama 35 tahun karena menyerahkan lebih dari 700.000 dokumen rahasia AS kepada WikiLeaks. Manning, yang awalnya ditetapkan dapat dibebaskan pada 2045, akan bisa bebas pada Mei setelah keringanan hukuman tersebut.

Sebelumnya, Presiden Obama mengampuni 64 orang lain pada Selasa (17/1/2017)-termasuk seorang mantan jenderal yang merupakan anggota utama tim keamanan nasional pertamanya- dan meringankan hukuman bagi 208 tahanan selain Manning.

Baca juga: Presiden Tiongkok Ajak Diplomat Asing Bekerja Sama Perangi Korupsi

Pengumuman pada Kamis tersebut menambah rekor Obama dalam memberikan keringanan hukuman menjadi total 1.715, lebih dari jumlah keringanan yang ditetapkan presiden AS lain.

Sang presiden, yang lebih memilih hukuman alternatif bagi para pelaku, berulang kali mendesak Kongres untuk mengesahkan reformasi peradilan pidana, tetapi tidak berhasil. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Inilah Alasan CEO Facebook Menuntut Ratusan Warga Hawaii

Honolulu – Mark Zuckerberg punya tanah luas di Hawaii. Berada di Kauai, tanah tersebut besarnya ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis