Home > Gaya Hidup > Tips > Inilah Beberapa Kesalahan Dalam Penggunaan Lensa Kontak

Inilah Beberapa Kesalahan Dalam Penggunaan Lensa Kontak

Jakarta – Contact lense atau lensa kontak telah membantu banyak orang yang memiliki masalah dengan pengelihatan dan membuat semuanya jadi lebih praktis.

Inilah Beberapa Kesalahan Dalam Penggunaan Lensa Kontak

Sayangnya, penggunaan lensa kontak seringkali tidak diikuti dengan kedisiplinan. Padahal dampak yang disebabkannya sangatlah fatal bagi si pengguna itu sendiri.

Sebagaimana diberitakan dari Top 10 Home Remedies pada Minggu (11/3/2017), berikut ini kesalahan fatal yang kerap dilakukan pengguna kontak lensa:

1. Menggunakannya terlalu lama
Menggunakan kontak lensa terlalu lama sangat buruk untuk mata. Hal ini dapat menyebabkan luka permanen bahkan menyebabkan kebutaan. Jangan gunakan terlalu lama dan melepaskannya setidaknya beberapa kali dalam sehari untuk mencegah kerusakan pada kornea mata.

2. Tidur sambil mengenakan lensa kontak
Tidur dalam keadaan masih mengenakan lensta kontak adalah salah satu kesalahan fatal lainnya yang seringkali terjadi. Selain meningkatkan resiko kerusakan kornea, mata pengguna akan mengalami dehidrasi diikuti dengan pandangan buram. Situasi terburuknya adalah kontak lensa berpindah posisi pada bagian belakang mata saat anda tertidur.

3. Menggunakan lensa kontak di air
Baik itu kolam renang, hot tub atau mandi, mengekspos lensa kontak dengan air adalah hal yang tidak seharusnya anda lakukan. Hal ini dapat memicu bakteri dan patogen berbahaya untuk berkembang biak dan menyebabkan infeksi. Hal ini juga dapat beresiko pada kebutaan.

4. Menggunakan air untuk membersihkan lensa
Membersihkannya dengan air keran adalah hal yang salah. Air keran sangatlah jauh dari kata steril. Membersihkan dengan air keran dapat menyebabkan menempelnya bakteri dan patogen berbahaya pada lensa. Pastikan untuk selalu selalu menggunakan obat tetes mata dan ikuti instruksi dokter.

5 Menggunakannya melebih masa ekspirasi
Tidak hanya makanan dan minuman, kontak lensa juga memiliki masa berlaku. Kontak lensa lama dapat memicu terjadinya pertumbuhan kuman dan residu lainnya. Bukannya menghemat uang, infeksi mata yang terjadi pada anda justru akan membuang uang lebih banyak lagi.
(Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Simak Tips Cantik Ala Astrid Tiar di Usia 30-an

Simak Tips Cantik Ala Astrid Tiar di Usia 30-an

Jakarta – Diusianya yang sudah berkepala tiga, Astrid Tiar tetap terlihat cantik layakny ABG berumur ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis