Home > Teknologi > Presidential Threshold Membuka Peluang PKS Jadi Pemimpin Negeri Ini

Presidential Threshold Membuka Peluang PKS Jadi Pemimpin Negeri Ini

Jakarta – Presidential Threshold Membuka Peluang PKS Jadi Pemimpin Negeri IniPresidential Threshold Membuka Peluang PKS Jadi Pemimpin Negeri Ini.

Presidential Threshold Membuka Peluang PKS Jadi Pemimpin Negeri Ini

Partai Keadilan Sejahtera

“Nanti di (Pemilu) 2019 akan ada peluang di mana PKS bisa mengajukan minimal cawapres (calon wakil presiden),” kata di Kuta, Bali, Sabtu malam (6/5/2017).

Optimisme tersebut diungkapkan bukan tanpa dasar. PKS kini sedang membahas undang-undang partai politik. Salah satunya adalah presidential threshold atau ambang batas perolehan suara sebuah partai politik untuk dapat mencalonkan presiden atau wakil presiden.

“Ada tiga opsi, yang pertama nol persen. Semua partai parlemen dan no parlemen bisa mencalonkan presiden dan wakil presiden,” katanya.

Kedua, sama dengan parliamentary threshold atau ambang batas perolehan suara sebuah partai politik di parlemen, yang berarti hanya partai yang masuk parlemen yang dapat mencalonkan presiden atau wakil presiden.

Baca juga: Yasonna Laoly Minta Lapas Tidak Luput dari Target Operasi Tim Saber Pungli

Opsi ketiga adalah 20 persen kursi DPR RI. “Kalau itu yang dipilih, karena PKS cuma tujuh persenan, maka PKS tak mungkin mencapreskan sendiri, kami harus koalisi. Ketika koalisi, kami berharap bisa mendapatkan wakil presiden,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pembahasan presidential threshold membuka peluang bagi partainya menjadi pemimpin negeri ini. Dia mengaku tengah gencar ke daerah-daerah untuk memotivasi kadernya agar mempersiapkan menghadapi Pemilu 2019.

x

Check Also

Hati-Hati, Orang Ketiga Bisa Intip Kebiasaan Anda di WhatsApp

Hati-Hati, Orang Ketiga Bisa Intip Kebiasaan Anda di WhatsApp

Jakarta – Meski aplikasi WhatsApp mengklaim mereka telah mengandalkan fitur enkripsi end-to-end yang tidak memungkinkan ...