Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Jaga Kesehatan Mata dengan 4 Langkah Ini

Jaga Kesehatan Mata dengan 4 Langkah Ini

Jakarta – Kehilangan kemampuan untuk melihat memang menjadi hal yang ditakuti kebanyakan orang di Amerika belakangan ini, berdasarkan jajak pendapat terbaru. Hal itu pun menjadikan kebutaan sebagai empat diagnosis terburuk yang diterima penderita seperti kanker, Alzheimer dan HIV.

Jaga Kesehatan Mata dengan 4 Langkah Ini

Ilustrasi

Walaupun lebih dari 20 juta orang dewasa Amerika mengalami kehilangan penglihatan, banyak dari kita yang mungkin masih belum memprioritaskan kesehatan mata.

Padahal, menjaga penglihatan Anda sangatlah sederhana dan bisa dilakukan sehari-hari. Mulailah dengan melakukan hal mudah berikut ini seperti dilansir dari metrotvnews.com, Rabu (14/6/2017):

1. Makan untuk mata Anda
Wortel memang sudah dikenal dapat meningkatkan kesehatan mata. Tetapi, tak hanya wortel, Anda dapat menikmati berbagai makanan yang baik untuk mata jika kaya akan lutein dan zeaxanthin. Dua antioksidan ini dapat ditemukan pada sayuran berdaun gelap seperti kangkung dan bayam, kubis Brussel dan jagung.

2. Olahraga
Penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat membantu mencegah glaukoma yang dapat merusak saraf optik. Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa mereka yang olahraga secara teratur lebih dari satu jam sehari, 25 persen lebih kecil kemungkinannya untuk memiliki aliran darah rendah ke daerah mata. Inilah kondisi yang dianggap sebagai penyebab glaukoma.

3. Lindungi mata
Anda mungkin akan mengoleskan tabir surya untuk kulit saat keluar di tengah terik matahari. Tetapi, jangan lupakan kacamata hitam untuk melindungi mata Anda. Sinar UV yang sama membakar kulit Anda juga dapat mempercepat penuaan dan kerusakan serius pada mata Anda.

Paparan sinar UV bertanggungjawab 5-10 persen kasus katarak. Kacamata yang baik adalah yang dapat melindungi 100 persen sinar ultraviolet.

4. Berkedip
Kelelahan mata digital terjadi akibat terlalu sering menatap layar gadget. Salah satu gejalanya adalah mata kering yang terjadi karena menatap layar terlalu lama sepanjang hari. Ini dapat menyebabkan perubahan pada mata dan membuatnya kering sehingga menimbulkan masalah yang serius.

Baca juga: Minum Segelas Susu Sehari untuk Kurangi Risiko Diabetes dan Hipertensi

Mata tidak dapat menghasilkan air mata dengan benar atau menguap terlalu cepat. Peneliti menemukan bahwa saat menatap layar tanpa kedip dalam waktu lama, tingkat zat pelumas yang ditemukan pada air mata menurun. Kita biasanya berkedip 15-20 kali per menit. Tetapi, saat menggunakan gadget, hal itu bisa meningkat menjadi dua kali lipat. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Beberapa Ciri Diabetes Yang Jarang Kita Sadari

Beberapa Ciri Diabetes Yang Jarang Kita Sadari

Jakarta – Kebanyakan masyarakat di seluruh dunia dihatui dengan penyakit diabetes. Gejala-gejala diabetes yang umum ...