Home > Ragam Berita > Internasional > ISIS di Filipina Makin Terdesak, Pemimpinnya Dikabarkan Tertangkap

ISIS di Filipina Makin Terdesak, Pemimpinnya Dikabarkan Tertangkap

Marawi – Pihak militer Filipina mengklaim telah menangkap pemimpin ISIS Maute di Marawi. Militan senior ISIS tersebut telah diidentifikasi bernama Mohammad Noaim Maute.

ISIS di Filipina Makin Terdesak, Pemimpinnya Dikabarkan Tertangkap

Tentara Filipina di Marawi

Berdasarkan laporan yang beredar, Sabtu (17/6/2017), Noaim ditangkap di pos pemeriksaan dekat dengan kota pesisir Cagayan de Oro.

Sementara itu, dua saudara laki-lakinya, Omarkhayam dan Abdullah yang menjadi pemimpin Maute, masih berada di garis depan pertempuran di Marawi.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Maute pertama kali memulai penyerbuan di Marawi pada 23 Mei lalu. Pengepungan dilakukan oleh pasukan militer Fiilipina dan pertempuran sengit terjadi, hingga saat ini masih berlanjut.

100 orang pasukan ISIS Maute terus melakukan ofensif termasuk di Gereja Katedral Our Lady Help dan menculik staf rumah ibadah termasuk, di antaranya adalah Pastor Chito Suganob. Mereka mengancam akan membunuh para sandera apabila pasukan pemerintah tidak melepaskan tembakan.

Baca juga: Gerakan Menolak Kewajiban Berhijab Bagi Perempuan di Iran Ramai di Medsos

Dilaporkan, sekitar 30 warga sipil, 58 tentara, dan sekitar 100 gerilyawan yang tewas terbunuh. Ratusan warga sipil juga diyakini masih terjebak di kota selatan negara itu dengan persediaan makanan yang sangat terbatas. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Ratu Jagal ISIS Asal Inggris Dikabarkan Tewas Terkena Bom

Ratu Jagal ISIS Asal Inggris Dikabarkan Tewas Terkena Bom

Jakarta – Sally Jones atau yang biasa dikenal sebagai ‘Ratu Jagal ISIS’ dikabarkan tewas dalam ...