Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Tanda-Tanda Tubuh Anda Kekurangan Omega-3

Tanda-Tanda Tubuh Anda Kekurangan Omega-3

Jakarta – Lemak omega-3 amat penting bagi kesehatan dan kelangsungan hidup kita. Sayangnya, sebuah penelitian terbaru mengatakan jika mayoritas wanita kekurangan lemak omega-3 dan membuat mereka mengalami beberapa masalah pada kesehatan yaitu kulit kering hingga risiko penyakit jantung.

Tanda-Tanda Tubuh Anda Kekurangan Omega-3

Omega 3

Pada mayoritas kasus, kekurangan lemak omega-3 dapat dengan mudah diatasi dengan cara membuat perubahan yang sederhana pada pola makan dan gaya hidup seseorang.

Amy Morris, seorang ahli gizi memngungkapkan beberapa tanda kekurangan lemak omega-3 yang harus diperhatikan terutama untuj kaum wanita seperti dilansir dari metrotvnews.com, Selasa (27/6/2017):

1. Kulit kering

Salah satu rahasian kulit muda dan lembap adalah lemak omega-3 yang ditemukan secara alami pada struktur dinding sel. Semakin kekurangan lemak omega-3, semakin kering kulit Anda. Omega-3 juga membantu kulit menyerap nutrisi sehat dan mengeluarkan produk limbah yang berbahaya dalam tubuh.

2. Rambut kering

Omega-3 yang sama pada kulit juga ditemukan pada folikel rambut. Omega-3 memberikan nutrisi penting untuk rambut berkilau dan mengkilap. Lemak omega-3 menyehatkan rambut, menunjang penebalan rambut dan mengurangi radang kulit kepala yang bisa membuat rambut rontok.

3. Kuku rapuh

Kuku yang lunak, mengelupas dan rapuh adalah tanda dari tubuh Anda kekurangan omega-3. Banyak penelitian menunjukkan bahwa omega-3 dari sumber hewani seperti minyak ikan lebih mudah diserap tubuh dibandingkan omega-3 dari tanaman.

4. Insomnia

Sebuah studi dari Universitas Oxford menemukan bahwa orang dengan tingkat omega-3 yang lebih tinggi mengalami kualitas tidur yang lebih baik. Tetapi, sebaiknya konsumsi suplemen omega-3 di pagi hari. Karena, jika diminum pada malam hari ini akan membuat Anda terjaga sehingga sulit tidur.

5. Kurang konsentrasi

Konsentrasi yang buruk bisa didapat dari mengonsumsi omega-3. Banyak orang mengalami peningkatan konsentrasi yang signifikan dengan hanya memastikan tubuh mendapatkan omega-3 setiap hari.

6. Kelelahan

Kelelahan yang sering dialami atau terjadi memang dapat disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah kekurangan omega-3. Karenanya, perbanyak omega-3 dari makanan untuk membantu meningkatkan energi tubuh Anda.

Baca juga: 3 Fakta Terkait Program Diet

7. Nyeri sendi

Asam lemak omega-3 yang berasal dari minyak ikan adalah agen anti peradangan yang luar biasa. Karenanya, ini sangat penting bagi mereka yang memiliki penyakit nyeri sendi. Pastikan Anda mendapatkan banyak omega-3 setiap hari untuk menghentikan proses yang menghancurkan jaringan dan sendi yang memicu peradangan awal. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Jus Bayam dan Madu Dipercaya Dapat Mengatasi Kram Akibat Haid

Jus Bayam dan Madu Dipercaya Dapat Mengatasi Kram Akibat Haid

Jakarta – Bagi setiap perempuan yang telah memasuki usia menstruasi pasti akan merasakan nyeri atau ...