Home > Ragam Berita > Nasional > Mengunjungi Borobudur, Obama Kaget Karena Ini

Mengunjungi Borobudur, Obama Kaget Karena Ini

Yogyakarta – Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama sangat terkesan saat mengunjungi Candi Borobudur yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Rabu (28/6/2017).

Mengunjungi Borobudur, Obama Kaget Karena Ini

Menurut petugas Balai Konservasi Borobudur (BKB) yang ditunjuk untuk mendampingi Obama, Mura Aristina, Obama terlihat sangat antusias mendengarkan setiap cerita dan penjelasan yang ia sampaikan, khususnya soal patung Kunto Bimo di Candi Borobudur.

Mura bercerita kepada Obama bahwa patung yang terletak di lantai ke-7 dari 10 lantai Candi Borobudur tersebut memiliki mitos.

“Konon jika orang bisa menyentuh patung itu sambil mengucap keinginan, maka akan tercapai keinginan tersebut,” ujar Mura, Rabu petang.

Munculnya mitos ini membuat setiap wisatawan yang datang ke sana ingin menyentuh patung Kunto Bimo sehingga lama kelamaan patung tersebut menjadi rusak.

“Demi kelestarian, kami memutuskan untuk membuat pagar. Karena semakin banyak dipegang maka candinya akan rusak pasti,” kata Mura.

Mura juga sempat menceritakan sebuah kejadian dimana seorang anak kecil terjepit stupa karena nekat memanjat dan ingin menyentuh patung Kunto Bimo.

“Sekitar 4 tahun lalu ada anak yang kepalanya terjepit di stupa tersebut sampai tidak bisa keluar. Mendengar penjelasan itu, mereka kaget, sangat ekspresif,” ungkap Mura.

Obama juga mengagumi struktur candi Borobudur yang terbuat dari jutaan batu dan bisa saling mengunci satu sama lain.

“Beliau mengagumi candi, memang hebat sekali, bagaimana candi dibangun dari dua juta potongan batu bisa dikunci satu sama lain,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Obama sempat berfoto di sebuah sudut di lantai 7 Candi Borobudur dengan latar belakang stupa induk, dan juga di bagian yang berlatar pemandangan Bukit Menoreh.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

x

Check Also

Anies Tak Risau Kehilangan Pajak Puluhan Miliar Dari Alexis

Anies Tak Risau Kehilangan Pajak Puluhan Miliar Dari Alexis

Jakarta – Lantaran akan tutupnya Hotel Alexis, maka sudah pasti Pemprov DKI akan kehilangan banyak ...