Home > Teknologi > Internet > Hasil Survei, Inilah 4 Tipe Pengguna Facebook

Hasil Survei, Inilah 4 Tipe Pengguna Facebook

Jakarta – Media sosial Facebook (FB) saat ini telah mencapai angka 1,28 miliar pengunjung. Anda mungkin memiliki banyak alasan untuk berselancar di FB ini, tetapi beberapa profesor dari Brigham Young University ini benar-benar ingin mencari tahu tentang motivasi yang ada di balik alasan orang membuka FB tersebut.

Hasil Survei, Inilah 4 Tipe Pengguna Facebook

Pengguna Facebook

“Apa yang membuat media-sosial ini seakan merajai dunia?” Ucap Tom Robinson dalam Eurekalert. “Mengapa orang sangat mau sebagian kehidupannya terpampang di sini? Tidak ada orang yang pernah bertanya tentang hal ini sebelumnya? Dan mengapa Anda juga menyukainya?”

Demi mencari tahu berbagai alasan tersebut, Robinson dan tim telah meneliti 48 pernyataan yang mengidentifikasi alasan mengapa orang mengunjungi FB. Skala para partisipan terlihat dari “sebagian besar seperti aku” sampai “sedikit seperti aku”, lalu interview tentang hal tersebut lebih jauh tergali lagi.

Alhasil, ditemukan jika kebiasaan Anda mengklasifikasikan Anda dalam ber-FB dengan 4 macam. Berikut ulasannya seperti dilansir dari metrotvnews.com, Kamis (13/7/2017):

1. Tipe Membangun Hubungan

Tipe ini bisa digambarkan dengan respons yang diposting bertujuan untuk menambah hubungan di luar hubungan asli kehidupan mereka. “Entah itu terhadap keluarga, teman, sahabat, dan lainnya. Media ini juga bisa mengekspresikan tanda sayang atau cinta mereka.”

2. Tipe Pemberitaan umum

Tipe ini memiliki kesejangan yang cukup besar antara dunia riil dengan virtual. Mereka tidak terlalu suka memberikan berbagai posting foto, informasi di dinding informasi mereka. Namun, mereka menjadikan FB sebagai salah satu sarana informasi berita dalam kehidupan mereka sehari-hari.

3. Tipe selfie

Tipe ini seperti memasarkan diri Anda sendiri dalam pemahaman pengguna FB. Mereka tak hanya memajang foto, bahkan ada video, dan banyak lagi. Tipe ini memilki tujuan untuk mencari perhatian. Dalam studi ini bisa digambarkan dengan “Lebih banyak ‘Like” yang didapat, berarti saya diakui oleh banyak orang.”

Baca juga: AS Sebut Kaspersky Lab Mata-Mata Rusia, Ini Kata Eugene Kaspersky

4. Hanya Melihat-lihat informasi

Mirip dengan tipe “Pemberitaan Umum”, namun yang membedakan adalah mereka merasa tak wajib memberitahukan tentang diri, berita, atau apa pun yang baru dalam hidup Anda. Mereka hanya suka melihat aktivitas orang lain, dan analoginya adalah tipe ini seperti orang yang senang melihat “run away” dalam peragaan busana. Mereka hanya senang melihat-lihat saja. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Pengguna WhatsApp Kini Bisa Menghapus Pesan Yang Terlanjur Dikirim

Pengguna WhatsApp Kini Bisa Menghapus Pesan Yang Terlanjur Dikirim

Jakarta – Pengembang aplikasi Whatsapp akhirnya merilis fitur baru yang telah dikembangkan sejak 2016 lalu ...