Home > Ragam Berita > Nasional > Wakil Ketua DPR Tegaskan UU Telah Mengatur Penggunaan Dana Haji

Wakil Ketua DPR Tegaskan UU Telah Mengatur Penggunaan Dana Haji

Jakarta – Wakil Ketua DPR Agus Hermanto menilai tidak tepat penggunaan dana haji untuk pembangunan infrastruktur seperti jalan tol karena penggunaan dana tersebut sudah diatur dalam Undang-Undang sehingga tidak sembarangan peruntukannya.

Wakil Ketua DPR Tegaskan UU Telah Mengatur Penggunaan Dana Haji

“UU sudah mengatur secara rinci penggunaan dana haji, harus untuk kepentingan jamaah. Kalau untuk membangun asrama haji masih bisa namun kalau untuk jalan tol, itu kurang tepat,” kata Agus Hermanto di Gedung Nusantara III, Jakarta, Senin (31/7/2017).

Agus mengakui bahwa Indonesia memang sedang membangun infrastruktur secara besar-besaran sebagai langkah penguatan pembangunan. Namun, dia mengingatkan pembangunan infrastruktur tersebut tidak boleh menggunakan dana sembarangan, harus jelas asal usul pendanaannya.

“APBN kita pun tidak boleh semuanya diperuntukkan bagi infrastruktur, kan bisa menggunakan dana dari BUMN, dana investasi pihak swasta,” ujarnya.

Politisi Partai Demokrat itu meyakini Komisi VIII DPR akan memanggil Menteri Agama untuk menjelaskan rencana pemerintah tersebut. Karena dia, menduga rencana pemerintah itu bisa melanggar UU sehingga DPR harus memberikan masukan kepada pemerintah.

Baca juga: Presiden Diimbau Bikin Tim Pencari Fakta untuk Usut Kasus Novel Baswedan

“Ketika reses sudah selesai, saya yakin Komisi VIII DPR akan memanggil Menteri Agama terkait masalah rencana pemerintah menggunakan dana haji tersebut,” katanya.

Presiden RI Joko Widodo menginginkan pengelolaan dana haji yang optimal guna mendorong pembangunan sarana infrastruktur. Menurut Presiden, Indonesia membutuhkan dana infrastruktur yang mempercepat pembangunan dan mengatasi persoalan kesejahteraan. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Lagi, Ibu di Makassar Mengaku Sebagai Nabi Terakhir

Lagi, Ibu di Makassar Mengaku Sebagai Nabi Terakhir

Makassar – Pada minggu lalu seorang wanita tiba-tiba manedatangi kantor Kementerian Agama Rappocini Makassar dan ...