Home > Teknologi > Gadget > Radio FM Diprediksi Bakal Menjadi Tren Baru di Smartphone Android

Radio FM Diprediksi Bakal Menjadi Tren Baru di Smartphone Android

Jakarta – Radio FM memang sudah mulai meredup dalam beberapa waktu kebelakang. Namun sepertinya kali ini mereka akan kembali eksis, dengan lahir bentuk baru yakni aplikasi radio FM di smartphone Android.

Radio FM Diprediksi Bakal Menjadi Tren Baru di Smartphone Android

Setidaknya, salah satu vendor smartphone Korea Selatan sudah memulainya. LG baru-baru ini mengumumkan kerja sama dengan stasiun radio NextRadio di Amerika Serikat (AS).

Keduanya sepakat memberikan akses gratis bagi pengguna di AS yang membeli smartphone LG. Perusahaan asal Korea Selatan itu akan mengaktifkan chip FM dalam perangkat-perangkatnya yang bakal meluncur di masa mendatang. Sebenarnya, fitur radio FM bayak tertanam di smartphone, namun fitur ini seringkali dimatikan.

Berbeda dengan proses streaming stasiun radio yang membutuhkan koneksi data, dengan chip FM yang aktif ini, pengguna hanya butuh antena dan sinyal. Pengguna juga bisa mendengarkan radio secara gratis.

Engadget menyatakan bahwa gelombang FM bisa menghemat data 20 kali lebih rendah dan baterai tiga kali lebih hemat dibandingkan proses streaming yang menggunakan data internet.

Stasiun radio juga bisa bekerja sama dengan vendor-vendor smartphone untuk menyertakan aplikasi stasiun radionya di smartphone secara pre-installed.

Namun LG belum mengumumkan perangkat apa saja yang bakal mengusung fitur radio FM ini di masa mendatang.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Samsung Galaxy A5 2017 Segera Mendapat Pembaharuan Android Nougat

Samsung Galaxy A5 2017 Segera Mendapat Pembaharuan Android Nougat

Seoul – Android Nougat adalah sistem operasi sistem operasi terbaru saat ini. Kini Nougat pun ...