Home > Ragam Berita > Nasional > Puluhan PMKS di Surabaya Dikembalikan ke Kampung Halaman

Puluhan PMKS di Surabaya Dikembalikan ke Kampung Halaman

Surabaya – Pemerintah Kota Surabaya pada Senin memulangkan 81 Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), yang terdiri atas penderita psikotik, gelandangan dan pengemis, ke daerah asal mereka.

Puluhan PMKS di Surabaya Dikembalikan ke Kampung Halaman

PMKS yang dipulangkan ke daerah asal meliputi 56 penderita psikotik, yang kondisinya telah dinyatakan baik oleh dokter, serta 25 gelandangan/pengemis yang selama ini ditampung di Lingkungan Pondok Sosial.

Mereka dipulangkan ke daerah asal mereka di Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, Sulawesi, Flores Timur di Nusa Tenggara Timur dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pemulangan PMKS bulan ini dilakukan menggunakan 11 mobil yang menuju daerah-daerah di Jawa Timur serta dua bus ke Jawa Tengah dan Jawa Barat. PMKS dari daerah lainnya dipulangkan menggunakan kapal atau pesawat.

“Selama perjalanan mereka didampingi satu dokter,tujuh anggota TKSK dan dua orang perwakilan dari Dinsos,” kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di halaman Taman Surya, Surabaya.

Dia berharap para penyandang PMKS yang sudah menjalani rehabilitasi itu bisa mendapat pekerjaan di daerah asal.

Baca juga: Gubernur Jabar Tegaskan Sudah Atasi Masalah Banjir di Pangandaran

“Surabaya ini dikontrol terus, jadi tolong jangan kembali, jika tidak ada yang dikerjakan,” katanya.

Risma menjelaskan pemerintah kota sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah tempat PMKS berasal supaya mereka mau menampung dan merawat PMKS yang membutuhkan perawatan setibanya di daerah masing-masing.

“Saya sudah meminta bantuan sekaligus menjelaskan kepada kepala daerah dan gubernur setempat bahwa sudah bertahun-tahun warganya ditampung di Liponsos Keputih Surabaya dan sudah dinyatakan sembuh oleh tim dokter,” kata Risma. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

PKS Akan Mengawal Realisasi Janji Anies-Sandi Untuk Hentikan Reklamasi

PKS Akan Mengawal Realisasi Janji Anies-Sandi Untuk Hentikan Reklamasi

Jakarta – Hidayat Nur Wahid selaku Wakil Ketua Majelis Syuro DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ...