Home > Gaya Hidup > Berapa Denyut Nadi Yang Normal?

Berapa Denyut Nadi Yang Normal?

Jakarta – Kesehatan seseorang, terutama kesehatan jantung, juga dapat dideteksi dengan berapa kali denyut nadi orang tersebut berdetak dalam waktu satu menit.

Berapa Denyut Nadi Yang Normal?

Namun tahukah Anda berapa denyut nadi yang normal sehingga seseorang dikatakan sehat?

Jumlah denyut nadi dalam 60 detik dapat mengindikasikan masalah kesehatan yang dialami. Misalkan, denyut nadi yang lebih cepat dari ukuran normal bisa menunjukkan seseorang menderita anemia, demam, gangguan jantung, atau pemakaian obat tertentu seperti dekongestan.

Sedangkan denyut nadi yang lebih lambat dapat mengindikasikan penyakit dan obat-obatan yang berhubungan dengan penyakit jantung seperti obat beta-blockers.

Setiap orang yang memiliki kesehatan normal mempunyai denyut nadi yang berbeda-beda, tergantung dari aktivitasya. Seorang olahragawan yang terlatih misalnya, ia hanya memiliki denyut nadi sekitar 40 kali per menit karena ia memiliki otot jantung yang lebih baik sehingga jantung tidak perlu bekerja keras.

Berikut ini jumlah denyut nadi normal per menit:

• Bayi sampai usia 1 tahun: 100-160 kali per menit
• Anak usia 1-10 tahun: 70-120 kali per menit
• Anak usia 11-17 tahun: 60-100 kali per menit
• Dewasa: 60-100 kali per menit
• Atlet dengan kondisi yang baik: 40-60 kali per menit
(samsul arifin – www.harianindo.com)

x

Check Also

Mengenal Stunting dan Gejala-Gejalanya

Mengenal Stunting dan Gejala-Gejalanya

Jakarta – Stunting merupakan masalah kesehatan dimana seorang anak mengalami hambatan dalam pertumbuhannya sehingga tidak ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135