Home > Ragam Berita > Nasional > Inilah Alasan Yusril Dipilih sebagai Pengacara Timses Jokowi

Inilah Alasan Yusril Dipilih sebagai Pengacara Timses Jokowi

Jakarta – Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra menjadi pengacara pasangan capres-cawapres Jokowi – Ma’ruf Amin. Menurut Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi – Ma’ruf, Arsul Sani, keberadaan Yusril untuk memperkuat tim hukum di Pilpres 2019.

Inilah Alasan Yusril Dipilih sebagai Pengacara Timses Jokowi

“TKN memang sedang memperkuat tim hukumnya, mengingat bahwa potensi persoalan hukum terkait dengan pilpres itu bisa banyak,” jelas Arsul pada Senin (5/11/2018).

Arsul mengaku keinginan menggaet Yusril sebagai pengacara sudah ada sejak Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi – Ma’ruf dibentuk. Menurutnya, dibutuhkan sosok yang dapat memberikan pemahaman yang baik ke timses dan relawan terkait hukum kepemiliun, seperti Yusril yang memiliki latar belakang di bidang hukum.

“Nah karenanya kami tentu butuh sosok seperti Yusri Ihza Mahendra yang selain sebagai guru besar HTN (Hukum Tata Negara) juga kita kenal sebagai advokat dan praktisi hukum,” jelasnya.

Arsul menampik latar belakang Yusril sebagai pengacara Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dan mantan pengacara Prabowo – Hatta Rajasa di Pilpres 2014 akan berbenturan dengan kepentingan Jokowi – Ma’ruf di Pilpres 2019. Sebaliknya, ia mengaku Yusril dapat bekerja secara profesional.

“Kami yakin itu Yusri seorang profesional, tentu dalam menjalankan tugas advokasinya akan memperhatikan prinsip-prinsip benturan kepentingan,” terang Sekjen PPP itu.

Selain itu, Arsul menampik Jokowi – Ma’ruf sengaja menjadikan Yusril sebagai pengacara untuk menggaet dukungan PBB yang hingga saat ini belum menentukan sikap di Pilpres 2019. Arsul juga mengaku tak ada kesepakatan khusus yang terjadi setelah Yusri menjadi pengacara, selain mengatasi potensi persoalan hukum.

Baca juga: Pasangan Jokowi-Ma’ruf Dapat Dukungan dari Ulama dan Pengurus NU Jakbar

“Tidak ada istilah menargetkan dari awal seperti itu (mendapat dukungan PBB). Kami baru memperhitungkan pentingnya memperkuat tim hukum kami setelah begitu banyak TKD terbentuk dan dukungan dari kepala daerah makin banyak. Sehingga potensi masalah hukum yang dihadapi juga cukup banyak,” tegasnya.

“Soal apakah jasanya Pak Yusril gratis atau dibayar secara professional nanti tentu akan diputuskan bersama oleh TKN dengan Pak Yusril. Tidak ada kesepakatan-kesepakatan khusus karena kami memang tidak pernah menentukan segala sesuatunya dengan political deal,” imbuhnya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jusuf Kalla Beberkan Alasan Pilih Yusril sebagai Pengacara Jokowi-Ma'ruf

Jusuf Kalla Beberkan Alasan Pilih Yusril sebagai Pengacara Jokowi-Ma’ruf

Jakarta – Ketum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra menjadi pengacara pasangan Jokowi-Ma’ruf di Pilpres ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135