Home > Ragam Berita > Nasional > Kejaksaan Bakal Dampingi bila Ada Gugatan UU Ormas

Kejaksaan Bakal Dampingi bila Ada Gugatan UU Ormas

Jakarta – Jaksa Agung Muhammad Prasetyo menyatakan kesiapannya mendampingi pemerintah jika ada pihak yang menggugat Undang-Undang Ormas yang baru disahkan DPR pada Selasa (24/10/2017).

Kejaksaan Bakal Dampingi bila Ada Gugatan UU Ormas

Presiden Joko Widodo sebelumnya mempersilakan pihak-pihak yang keberatan dengan pengesahan Perppu Ormas menjadi UU untuk menempuh jalur hukum. “Di situ nanti tampil jaksa sebagai pengacara negara. Kami hadapi, tidak ada masalah,” ujar Prasetyo di Kompleks Kejaksaan Agung, Jakarta, Jumat (27/10/2017).

Kejaksaan telah menerima surat kuasa khusus untuk menghadapi gugatan-gugatan itu. Prasetyo menegaskan, pengesahan Perppu Ormas tersebut sudah melalui pertimbangan yang komperhensif dan diputuskan secara demokratis.

“Melibatkan semua pihak tentunya. Sekarang kalau ada pihak yang merasa tidak bisa menerima dan mengajukan melalui proses hukum gugatan ke MK, ya tentunya harus kita hadapi,” kata Prasetyo.

Sebelumnya, Juru bicara Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Ismail Yusanto mengatakan, pihaknya akan segera kembali mengajukan gugatan judicial review ke Mahkamah Konstitusi setelah Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Perppu Ormas) ditetapkan menjadi undang-undang.

Baca juga: PKS Tegaskan Telah Terima Keputusan Paripurna Terkait UU Ormas

Dia menilai, pengesahan Perppu Ormas pada rapat paripurna DPR, Selasa (24/10/2017), telah mengabaikan argumen-argumen yang melihat kelemahan Perppu tersebut baik secara formil maupun secara materiil.

Secara formil, menurut dia, tidak ada alasan yang bisa diterima atas terbitnya Perppu itu karena tidak ada kegentingan memaksa yang terjadi. Secara materiil, Ismail menilai Perppu Ormas banyak mengandung masalah. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Beredar Pesan Yang Menyebut Penemuan Senjata Api Milik PKI

Beredar Pesan Yang Menyebut Penemuan Senjata Api Milik PKI

Jakarta – Ada sebuah pesan yang berhembus di kalangan kelompok percakapan Alumni 212 yang menyebutkan ...