Home > Ragam Berita > Internasional > Memanas, Trump Diminta Ambil Keputusan Terkait Ancaman Korut

Memanas, Trump Diminta Ambil Keputusan Terkait Ancaman Korut

New York – Mantan Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk PBB, John Bolton mengatakan bahwa sudah saatnya bagi AS untuk menyerang Korea Utara (Korut) dikarenakan tidak ada pilihan lain. Hal itu menunjukkan bahwa ketegangan AS dengan Korut semakin memanas beberapa waktu belakangan ini.

Memanas, Trump Diminta Ambil Keputusan Terkait Ancaman Korut

John Bolton

Dilansir dari laman Express.co.uk, Senin (18/12/2017), John menilai bahwa serangan semacam itu memang diperlukan untuk memusnahkan ancaman persenjataan nuklir yang tengah dibuat oleh rezim Kim Jong Un tersebut.

“Saya harus mengatakan ini. Kewajiban utama Presiden AS adalah melindungi rakyat Amerika. Anda harus menjatuhkan pilihan ketika di saat risiko-risiko kian membesar. Ini demi mencegah Korea Utara yang semakin meningkatkan kemampuannya mengagitasi atau menyerang Amerika Serikat,” ujar John Bolton dalam acara pertemuan Partai Republik di Asheville, North Carolina, Senin (18/12/2017).

Baca juga : James Mattis Akui Ragu dengan Kekuatan Rudal Hwasong 15

Dia juga menegaskan tidak ingin melihat terjadinya semacam perang dunia ketiga. Dalam masa jabatannya sebagai dubes AS untuk PBB, Bolton memahami ancaman persenjataan nuklir bagi tatanan global, khususnya di kala Perang Dingin berkecamuk antara AS dan Uni Soviet.

Namun Bolton juga mengakui bahwa adanya resiko yang amat besar nantinya bagi salah satu sekutu AS yang berada di Semenanjung Korea, yaitu Korea Selatan. Pasalnya bisa saja wilayah Korsel akan terkena imbasnya.

Meski begitu, menurut Bolton Donald Trump juga harus segera bertindak mengakhiri ambisi militer Pyongyang. Bolton menukas, presiden-presiden AS sebelumnya gagal bernegosiasi dengan rezim Kim Jong-un.
(Muspri-www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Djarot Menyatakan Siap Bila Dicalonkan Sebagai Cagub Sumut

Djarot Menyatakan Siap Bila Dicalonkan Sebagai Cagub Sumut

Jakarta – Mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dikabarkan masuk dalam radar PDIP untuk ...