Home > Ragam Berita > Nasional > Anies Bakal Cabut Larangan Injak Rumput di Monas

Anies Bakal Cabut Larangan Injak Rumput di Monas

Jakarta – Peraturan dilarang menginjak rumput bagi masyarakat yang mengunjungi taman Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, sebentar lagi akan dicabut oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies mengatakan bahwa pihaknya ingin mengubah konsep ruang hijau yang ada di Jakarta menjadi park bukan garden.

Anies Bakal Cabut Larangan Injak Rumput di Monas

Anies Bakal Cabut Larangan Injak Rumput di Monas

“Kita tanamin lagi, cepet kok (tumbuh) kalau rumput. Kita tempatkan itu bukan sebagai garden, tapi sebagai park,” kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (01/01/2018).

Pernyataan Anies tersebut bermaksud untuk merespons perayaan malam Tahun Baru 2018 masyarakat di Monas yang membuat rumput terinjak. Menurut dia, dalam konsep garden rumput tak boleh diinjak tapi konsep park adalah tempat bermain atau berkegiatan.

“Nah kita selama ini menempatkan ini semua garden semuanya, orang tidak boleh terlibat. Kalau saya nanti justru menjadikan tempat hijau (menjadi) tempat kegiatan,” ujarnya.

“Ini (rumput dan tanaman) bukan kristal yang tidak bisa diperbaiki,” sambungnya.

Baca juga : Anies Tak Permasalahkan Rumput di Monas Rusak Usai Perayaan Tahun Baru

Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno mengatakan bahwa perubahan fungsi taman di Monas tadi adalah ide Gubernur DKI dan sekarang sedang digodok legalitas kebijakannya. Di sisi lain, dibutuhkan sosialisasi kepada masyarakat tentang perubahan fungsi dan kesadaran masyarakat. Masalah lainnya adalah bagaimana menciptakan taman yang tidak pada musim hujan.

Menurutnya setiap tempat terbuka hijau harus bisa dioptimalkan sehingga bisa dinikmati oleh masyarakat. Maka pemaksimalan fungsi taman perlu diimbangi dengan kesadaran masyarakat, terutama mengenai kebersihan.

“Nanti akan terbentuk dengan sendirinya,” kata Sandi seperti yang dilansir dari Tempo, Kamis (04/01/2018).
(Muspri-www.harianindo.com)

x

Check Also

Anies Baswedan Berikan Tanggapan Terkait Mangkraknya Aset DKI di Pulomas

Anies Baswedan Berikan Tanggapan Terkait Mangkraknya Aset DKI di Pulomas

Jakarta – Ribuan aset milik pemerintah DKI Jakarta terbengkalai di Pusat Penyimpanan Barang Daerah di ...