Home > Unik > Berkat Aksi Heroiknya, Anjing Jenis Labrador Ini Dinobatkan Menjadi Pahlawan

Berkat Aksi Heroiknya, Anjing Jenis Labrador Ini Dinobatkan Menjadi Pahlawan

Taichung – Di salah satu kota di Taiwan, diketahui ada seekor anjing yang berjenis labrador golden yang telah melakukan sebuah aksi heroik. Kini, anjing tersebut dipuja-puja bak pahlawan berkat keberhasilannya dalam menemukan 2 korban selamat yang terjebak dalam reruntuhan bangunan pasca bencana gempa melanda Taiwan.

Berkat Aksi Heroiknya, Anjing Jenis Labrador Ini Dinobatkan Menjadi Pahlawan

Aksi heroiknya tersebut terekam dalam video yang diunggah oleh Biro Pemadam Kebakaran Kota Taichung. Dalam video tersebut, anjing Labrador yang bernama Tie Hsiung atau ‘Iron Hero’ tersebut tampak mengendus korban. Lantas, dia pun menginformasikannya kepada tim penyelamat tentang keberadaan korban.

“Medan sangat berbahaya dengan pecahan kaca dan paku di mana-mana,” kata petugas Pemadam Kebakaran Taiwan berusia 28 tahun, Li Chun-sheng.

“Mungkin dia terlalu takut, tapi dia mampu mengatasinya untuk masuk ke tumpukan puing. Menurut saya dia hebat,” tambah Li, seperti yang dilansir Japan Times pada 9 Februari 2018.

Anjing pahlawan tersebut datang menemui korban yang terjebak dalam reruntuhan selama 15 jam. Namun, sayangnya satu dari dua korban yang ditemukan oleh anjing tersebut akhirnya meninggal.

Lantaran aksi heroiknya tersebut, anjing itu mendapat penghargaan dari seluruh warga Taiwan termasuk Wali kota Taichung, kota yang mengirimnya untuk membantu menemukan korban gempa dahsyat tersebut. Kini, dia telah menjadi pahlawan bagi warga kota Taichung.

Pada Selasa, (7/2/2018) silam, Gempa berkekuatan 6,4 Skala Richter diketahui melanda kota pesisir Hualien. Dalam bencana tersebut, diketahui ada 10 orang yang tewas. termasuk empat turis dari Cina dan seorang warga Filipina berusia 27 tahun yang dipekerjakan sebagai pembantu rumah tangga. Badan Pemadam Kebakaran Nasional Taiwan mencatatkan 273 orang luka-luka.

Ketika bencana gempa tersebut terjadi, Tie Hsiung langsung dikirim dengan tim penyelamat dari kota Taichung bersama dengan rekan anjing Labrador lainnya yang bernama Tuei Tuei (Leg Leg). Hal tersebut merupakan misi pertama bagi keduanya usai berlatih secara ekstensif namun belum pernah diuji secara tuntas.

Pelatih anjing yang bernama Lin You-zhun, memuji hewan didikannya tersebut. Taiwan tidak memiliki tim penyelamat anjing sampai sekitar tujuh tahun silam. Sebelumnya, Taiwan selalu meminta bantuan dari negara lain untuk anjing penyelamat. Termasuk ketika terjadinya gempa besar pada tahun 1999 yang menewaskan sekitar 2.400 orang.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Dipertanyakan Soal Pajak, Begini Kata Pemilik Mobil Bermuka Dua

Dipertanyakan Soal Pajak, Begini Kata Pemilik Mobil Bermuka Dua

Jakarta – Belakangan, publik tengah dihebohkan dengan modifikasi dari sebuah mobil di Bandung. Pasalnya, mobil ...