Home > Ragam Berita > Nasional > Luhut Minta Kapal Sitaan Pelaku Illegal Fishing Diberikan Untuk Nelayan

Luhut Minta Kapal Sitaan Pelaku Illegal Fishing Diberikan Untuk Nelayan

Jakarta – Luhut Binsar Panjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman kali ini memiliki saran bahwa perihal larangan penenggelaman kapal lagi adalah untuk memanfaatkan kapal sitaan pelaku illegal fishing. Alangkah lebih baiknya jika kapal-kapal tersebut bisa digunakan oleh nelayan lokal guna meningkatkan produktivitas perolehan ikan nasional.

Luhut Minta Kapal Sitaan Pelaku Illegal Fishing Diberikan Untuk Nelayan

Saat ditemui di kantornya, dia mengatakan bahwa “Setelah sekian lama jalan, kita pikir-pikir masa terus-terusan begitu. Saya pikir mau diapakan itu kapal, masa mau dibiarkan rusak padahal nelayan kita banyak,”

“Jadi jangan ada yang berpikir macam-macam di luar kasih pikir saya melindungi (mafia), enggak ada. Jangan ragukan integritas kami. Jadi jangan keliru, saya sangat mendorong itu, bahwa tindakan tegas penenggelaman kapal itu bisa dilakukan,” jelas dia.

Dirinya mengungkapkan dengan memanfaatkan kapal asing yang melakukan illegal fishing untuk nelayan lokal maka produktivitas hasil tangkapan ikan bisa ditingkatkan. Akan tetapi dirinya tetap mengatakan bahwa langkah ini bukan berarti pemerintah memberi kelonggaran bagi pelanggar yang mencuri ikan di perairan Indonesia.

“Jadi sebenarnya tidak ada maksud itu. Presiden memerintahkan untuk fokus pada tugas kita masing-masing. Apa itu? Peningkatan ekspor misalnya di KKP, yang dari data yang ada itu (perolehan ikan) menurun, jadi ditingkatkan itu,” pungkasnya.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)

x

Check Also

Anies Baswedan Berikan Tanggapan Terkait Mangkraknya Aset DKI di Pulomas

Anies Baswedan Berikan Tanggapan Terkait Mangkraknya Aset DKI di Pulomas

Jakarta – Ribuan aset milik pemerintah DKI Jakarta terbengkalai di Pusat Penyimpanan Barang Daerah di ...