Home > Teknologi > Sains > Bila Anda Sulit Tidur Pada Malam Hari, Coba Lakukan Satu Cara Ini

Bila Anda Sulit Tidur Pada Malam Hari, Coba Lakukan Satu Cara Ini

Jakarta – Banyak orang yang merasa kesulitan tidur di malam hari meskipun esok harinya mereka harus kembali beraktifitas.

Bila Anda Sulit Tidur Pada Malam Hari, Coba Lakukan Satu Cara Ini

Banyak cara yang lantas dilakukan agar cepat tertidur. Mulai dari menghitung sesuatu, hingga minum minuman hangat, seperti teh atau susu.

Namun sebuah penelitian terbaru yang telah dipublikasikan di Journal of Experimental Psychology mengungkapkan, menulis ‘to do list’ atau daftar hal-hal yang harus dikerjakan sebelum tidur dapat membantu seseorang cepat tertidur.

Penelitian yang dilakukan oleh Baylor University di Texas melibatkan 57 relawan berusia 19 sampai 30 tahun. Mereka lantas diminta untuk menuliskan daftar tugas selama lima menit sebelum tidur.

Peneliti membagi 57 orang tersebut menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diminta menuliskan jadwal tugas yang harus mereka kerjakan beberapa hari ke depan. Sedangkan kelompok lainnya harus menuliskan daftar tugas yang telah mereka selesaikan beberapa hari terakhir.

Peneliti lantas mengamati gerakan mata dan aktivitas gelombang otak relawan. Dari sini lantas terungkap bahwa mereka yang menulis ‘daftar tugas yang akan dikerjakan’ tertidur sembilan menit lebih cepat daripada mereka yang menulis tentang ‘tugas yang sudah diselesaikan’.

Hal tersebut menunjukkan hasil yang lebih baik bila mereka menuliskan daftar tugas yang lebih panjang dan lebih spesifik tertidur, karena mereka mejadi tertidur lebih cepat.

“Kami berpikir bahwa ketika orang membuang semua yang ada dalam pikiran mereka yang mungkin sulit untuk diingat, itu memberi mereka kelegaan dari ruminasi itu,” kata Michael Scullin, asisten profesor psikologi dan ilmu saraf di Baylor University.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

x

Check Also

Meski Kurang Memuaskan, Performa Marquez-Pedrosa Tidak Kecewakan Bos Honda

Inilah Faktor yang Sangat Pengaruhi Turunnya Performa Marquez

Aalst – Manajer Marc Marquez, Emilio Alzamora, menyebut kliennya itu adalah pembalap yang fenomenal. Ia ...