Home > Ragam Berita > Internasional > Mahathir Nilai ASEAN Belum Banyak Berpengaruh Terhadap Malaysia

Mahathir Nilai ASEAN Belum Banyak Berpengaruh Terhadap Malaysia

Jakarta – Association of South East Asian Nation (ASEAN) adalah bagian integral dari hubungan Indonesia dan Malaysia. Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad memiliki pandangan sendiri mengenai ASEAN saat ini.

Mahathir Nilai ASEAN Belum Banyak Berpengaruh Terhadap Malaysia

Mahathir mengkritik ASEAN yang sudah berusia setengah abad belum banyak memberikann hasil bagi negara anggotanya. Tetapi Mahathir sadar bahwa ASEAN saat ini berbeda dengan yang dulu.

“Kalau dulu dalam setiap pertemuan, pemimpin-pemimpin ASEAN adalah kenalan saya. Sedangkan saat ini, banyak pemerintahan yang berganti, karena sekarang semua negara ASEAN mengembangkan demokrasi. Pemimpin tidak kekal. Jadi tiap kali berjumpa ada perubahan,” ujar Mahathir, dalam pertemuan forum Indonesia-Malaysia Business Council (IMBC), di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Sabtu (30/6/2018).

“Tapi ini bukan berarti tidak mengharapkan keberhasilan ASEAN. Saya yakin jika kita tumpukan pada kerja-kerja tertentu maka ASEAN akan berjaya,” tegasnya.

Mahathir kemudian menjelaskan keterkaitan antara pemerintah dengan pengusaha dalam pembangunan. Ketika dia menjabat perdana menteri di periode pertama, pemerintahannya memperkenalkan konsep “Malaysia inc”.

Konsep ini berupa Malaysia yang diumpamakan perusahaan besar yang dibesarkan pemerintah dengan swasta. Peranan pemerintah adalah membantu sektor swasta supaya mereka berhasil dan mendapat untung.

“Dan kami tidak lupa bahwa separuh keuntungan swasta adalah milik pemerintah. Melalui pajak penghasilan. Dengan ini pemerintah maju, swasta pun maju. Kalau kita berpegang pada konsep itu, saya yakin semua negara akan maju,” tutur Mahathir.

“Apabila kita dapati masalah seperti korupsi , menyalahgunakan kekuasaan seperti halnya rezim yg baru lepas di Malaysia, maka negara tak mungkin maju,” paparnya.

Menurut Mahathir dua hal ini amat penting untuk mengembangkan ASEAN. Pertama negara-negara dalam ASEAN mesti ada kesepahaman dan mungkin harus ada pertemuan yang lebih sering. Kedua adalah kerja sama antara pemerintah dengan swasta. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Video Pria Memuja Trump Bak Dewa Mendadak Viral di Dunia Maya

Video Pria Memuja Trump Bak Dewa Mendadak Viral di Dunia Maya

Jakarta – Walaupun banyak mengeluarkan kebijakan yang pro-kontra, ternyata masih ada pihak yang sedang memuja-muja ...