Jakarta – Ma’ruf Amin kali ini berikan klarifikasi bahwa dirinya tidak sedang menyinggung kaum difabel terkait diksi ‘budek-buta’.

Ma'ruf Amin Menolak Minta Maaf Soal Budek dan Buta

Saat ditemui di kediamannya, beliau menuturkan bahwa “Nggak menyinggung mereka kok minta maaf, begimana. Kecuali saya menyinggung. Saya nggak menyinggung siapa-siapa,”

“Lah kan bukan budek dalam arti fisik. Budek-buta itu kan dia melihat tapi tidak melihat. Dia mendengar tapi tidak. Jadi bukan artian fisiklah. Kan sudah pernyataan dari pihak pembela itu. Itu nggak ada malasalah,” sebut Ma’ruf.

Mengenai hal ini, penyandang disabilitas yang tergabung dalam Forum Tunanetra Menggugat menyesalkan pernyataan Ma’ruf. Menurut mereka, pernyataan tersebut mencederai perjuangan kaum disabilitas di tengah masyarakat.

Yudi Yusfar selaku Ketua Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia menuturkan bahwa “Kami meminta Kyai Ma’ruf Amin menarik penyataan itu atau meminta maaf secara langsung. Kami beri waktu 10 hari sejak hari ini. Kalau tidak ada iktikad baik, kami akan mengambil langkah lebih lanjut,”

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)