Catalunya – Bintang Barcelona, Lionel Messi, berbicara soal persaingannya dengan mantan bintang Real Madrid yang kini hijrah ke Juventus, Cristiano Ronaldo.

Messi Nilai Persaingannya dengan Ronaldo Membawa Hal Positif

Lionel Messi

Kedua pemain ini bersaing selama sembilan musim di Liga Spanyol setelah kedatangan Ronaldo dari Manchester United pada tahun 2009. Saat masih di Madrid, Ronaldo tercatat sudah memenangi dua gelar La Liga dan empat kali mengangkat trofi Liga Champions. Pada saat yang sama, Messi memenangi enam gelar La Liga dan dua kali Liga Champions.

Di level individu, keduanya sama-sama meraih lima kali gelar Ballon d’Or. Ronaldo akhirnya memutuskan hengkang pada 2018. Ia mencari tantangan baru di Italia bersama Juventus.

Bagi Messi, persaingannya dengan Ronaldo membawa hal positif bagi sepak bola. “Persaingan dengan Cristiano sangat sehat dan bagus untuk para penggemar,” kata pemain berusia 31 tahun itu seperti dikutip Goal dari Marca, Kamis (27/12/2019).

Setelah Ronaldo pindah ke Italia, untuk kali pertamanya penghargaan Ballon dÓr tidak jatuh pada salah satu di antara Messi dan Ronaldo. Gelar tersebut justru jatuh ke mantan rekan setim Ronaldo di Madrid, Luka Modric. Sementara itu, Messi hanya finis kelima.

Messi ada di belakang Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, Ronaldo, dan Modric. Messi mengaku sudah menyadari dirinya tidak akan dijagokan untuk menang. “Saya mendengar nominasi untuk Ballon d’Or dan saya tahu saya tidak dijagokan,” kata Messi.
Terlepas dari semua keberhasilan yang Messi miliki di lapangan sepak bola, dia menyebut masih ada satu prioritas lebih tinggi dalam hidupnya.

“Saya suka sepak bola, tetapi keluarga lebih penting,” kata pemain asal Argentina itu. (Tita Yanuantari – harianindo.com)