Home > Ragam Berita > Nasional > Moeldoko Imbau Seluruh Pihak Tidak Mencari Gara-Gara dengan TNI

Moeldoko Imbau Seluruh Pihak Tidak Mencari Gara-Gara dengan TNI

Jakarta – Kepala Staf Kepresidenan Jenderal Purn Moeldoko meminta seluruh pihak tak mencari gara-gara dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Karena, TNI milik seluruh masyarakat Indonesia bukan segelintir orang atau kelompok. Pernyataan Moeldoko menanggapi aksi Robertus Robet yang berujung pada penangkapan.

Moeldoko Imbau Seluruh Pihak Tidak Mencari Gara-Gara dengan TNI

Mantan Panglima TNI itu menyebut posisi militer pada era Orde Baru berbeda dengan saat ini. Dulu, kata dia, tentara bisa saja diposisikan sebagai musuh bersama, sedangkan saat ini tidak.

“Nyanyian masa lalu sudahlah (jadi) masa lalu, jangan dibawa ke sekarang. Kalau melihat tentara dari bingkai masa lalu enggak ketemu, wong TNI sudah berubah,” kata Moeldoko di Kantor Staf Presiden, Jalan Veteran, Jakarta, Sabtu (9/3/2019).

Ia meminta masyarakat hidup berdampingan dengan TNI. Masyarakat pun boleh mengkritik, tapi jangan sampai kebablasan. “Jangan merusak mental prajurit. Psikologis prajurit kita sudah baik, jangan dilukai dengan hal lain,” kata dia.

Moeldoko mengaku paling tak setuju dengan hal itu. Sebabnya ia telah berusaha memperbaiki situasi agar TNI bisa diterima masyarakat sejak dulu.

“Itu kira-kira kita memandang, saya pastikan tidak akan kembali dwi fungsi Abri, itu kunci,” pungkasnya.

Baca juga: Polri Berhasil Ringkus Penjual Alat Kesehatan Palsu

Dwifungsi adalah gagasan yang diterapkan oleh Orde Baru yang menyebutkan bahwa TNI memiliki dua tugas; menjaga keamanan dan ketertiban negara dan memegang kekuasaan serta mengatur negara. Dwifungsi dihapuskan pasca-Reformasi
1998.

Aktivis Robertus Robet ditangkap penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Mabes Polri, Rabu 6 Maret 2019 malam. Robet diduga melakukan penghinaan terhadap TNI saat melakukan aksi Kamisan pada akhir Februari. Saat aksi dia menolak dwifungsi tentara. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Khofifah Tegaskan Bakal Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat di Sampang

Khofifah Tegaskan Bakal Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat di Sampang

Sampang – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berpendapat, daerah dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135