Home > Ragam Berita > Nasional > Beredar Viral, Video Cak Nun Kritik Istilah ‘Hormatilah Orang Yang Berpuasa’

Beredar Viral, Video Cak Nun Kritik Istilah ‘Hormatilah Orang Yang Berpuasa’

Jakarta – Di saat banyak pihak mengajak agar masyarakat menghormati umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa, ulama dan budayawan Emha Ainun Nadjib (Cak Nun) justru berpikir sebaliknya.

Beredar Viral, Video Cak Nun Kritik Istilah ‘Hormatilah Orang Yang Berpuasa’

Dalam rekaman video ceramahnya yang beredar di media sosial, Cak Nun mengatakan bahwa ajaran untuk menghormati orang yang sedang berpuasa itu salah.

Video diunggah oleh akun Twitter Buku Akik @bukuakik, pada Senin (6/5/2019).

Menurut Cak Nun, seharusnya di bulan Ramadhan ini umat Muslim belajar untuk menghormati orang lain, bukan minta untuk dihormati.

“Kita berpuasa untuk menghormati orang lain, bukan untuk dihormati orang lain, ngono (begitu),” kata Cak Nun dalam video tersebut.

“Bulan puasa kok, hormatilah orang yang berpuasa, gunane wong puoso iku den koe sinauh ngormati wong, ora njalok dihormati wong (gunanya orang yang berpuasa itu agar kamu bisa menghormati orang lain, tidak meminta penghormatan orang),” sambung Cak Nun.

Cak Nun juga menegur agar tidak mengemis-ngemis untuk dihormati saat berpuasa.

“Hanya orang yang tidak terhormat yang meminta penghormatan orang lain, ngono (begitu) loh,” ucap Cak Nun.

Cak Nun juga menyinggung umat Islam yang tidak maju-maju karena sibuk mencari penghormatan dari orang lain.

“Itu yang menyebabkan orang Islam nggak maju-maju, ulama-ulama pada ngemis. Ngemis di Bupati, ngemis di Gubernur, jangan gunakan tenaga hidupmu untuk menunggu dihormati orang. karena tenaga hidupmu habis untuk menghormati orang, gitu aja. Gak usah nunggu di kasih, kamu sibuk ngasih. Gak bisa kasih duit, ya kasih perhatian, gak punya perhatian beri kasih sayang, tidak punya kasih sayang ya sudah,” kata Cak Nun.
(samsularifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

KPK Akan Periksa Menteri Ignasius Jonan Terkait Kasus Suap PLTU Riau-1

KPK Akan Periksa Menteri Ignasius Jonan Terkait Kasus Suap PLTU Riau-1

Jakarta – Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) menjadwalkan ulang pemeriksaan Menteri ESDM Ignasius Jonan sebagai saksi ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135