Home > Gaya Hidup > Tips > Tips Mudah Merawat Bonsai

Tips Mudah Merawat Bonsai

Jakarta – Memelihara tanaman bonsai merupakan kesenangan tersendiri karena Anda tidak perlu memiliki lahan yang luas. Cukup menyediakan sedikit ruang dan sebuah nampan maka Anda sudah bisa memiliki dan merawat sebuah ‘pohon’.

Tips Mudah Merawat Bonsai

Bonsai sendiri merupakan seni memelihara tanaman kerdil yang berasal ydari China pada abad ke-3. ‘Bonsai’ berasal dari kata ‘Bon’ yang berarti nampan, dan ‘Sai’ yang berarti tanaman.

Bila Anda ingin memiliki dan merawat bonsai sebaiknya ketahui terlebih dahulu beberapa hal di bawah:

1. Sebelum memutuskan menanam bonsai, Anda sebaiknya mengetahui lebih dulu jenis bonsai yang akan Anda pelihara untuk lebih memahami proses perawatan tanaman kerdil tersebut.
2. Bentuk bonsai bergantung pada bagaimana cara pemilik merawatnya. Anda sebaiknya sering membersihkan bonsai dengan sikat kecil. Selain itu, jangan meninggalkan sisa-sisa daun berguguran di atas tanah tanaman bonsai.
3. Putuskan apakah Anda akan memelihara bonsai di dalam atau di luar rumah untuk mempertimbangkan jumlah pencahayaan, kelembaban, dan suhu untuk bonsai Anda.
4. Jangan lupa memeriksa akar bonsai sebelum menaruhnya dalam sebuah nampan atau pot. Anda bisa memangkas akar bonsai yang tidak diperlukan.
5. Anda tidak perlu terlalu tekun memberi pupuk pada bonsai pada enam bulan pertama setelah menanamnya. Beri pupuk pada bonsai dalam bentuk cair agar mudah diserap oleh akar.
6. Setelah enam bulan, Anda bisa memberi kawat untuk membentuk pola tumbuh bonsai sesuai keinginan Anda.
(Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wow, Sauna Ternyata Bisa Mengatasi Alzheimer dan Jantung

Wow, Sauna Ternyata Bisa Mengatasi Alzheimer dan Jantung

Jakarta – Para peneliti di University of Eastern Finland menemukan fakta rutin mengunjungi sauna bisa ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135