Budapest – Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban telah meminta penyelidikan menyeluruh atas kecelakaan kapal di Sungai Danube di Budapest tengah. Kecelakaan kapal ini menewaskan sedikitnya tujuh turis Korea Selatan (Korsel), pekan ini.

Viktor Orban Telah Meminta Penyelidikan Kecelakaan Kapal di Sungai Danube

“Saya terguncang oleh ini, kecelakaan terjadi di mana penumpang hampir tidak memiliki kesempatan untuk bertahan hidup,” kata Orban menyampaikan belasungkawa kepada kerabat para korban, Jumat (31/5). “Saya telah meminta pihak berwenang untuk melakukan penyelidikan yang ketat dan menyeluruh.”

Polisi Hungaria mengatakan pada Kamis (30/5) malam, mereka telah menahan kapten kapal pesiar yang terlibat dalam kecelakaan itu.

Kapal itu melaju ketika bertabrakan dengan kapal penumpang mewah yang lebih besar saat hujan badai pada Rabu (29/5) malam. Kapal itu terbalik dan tenggelam dengan 33 turis dan pemandu wisata Korsel serta dua kru Hungaria di atasnya.

Tujuh warga Korsel diselamatkan, tujuh orang tewas. Sebanyak 19 warga Korsel termasuk di antara 21 orang yang masih hilang. Pejabat penyelamat Hungaria mengatakan pada Kamis hanya ada sedikit kesempatan untuk menemukan korban.

Tim penyelamat dan pejabat Korsel termasuk Menteri Luar Negeri Korsel Kang Kyung-wha tiba di Budapest pada Jumat. Dia akan menggelar konferensi pers dengan Menteri Luar Negeri Hungaria Peter Szijjarto hari ini.

Sebuah kapal derek merapat di dekat bangkai kapal untuk persiapan operasi pemulihan. Polisi mengatakan upaya penyelamatan terhambat oleh tingginya permukaan air, arus yang kuat, dan jarak pandang yang buruk. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)