Jakarta – Perihal sidang gugatan hasil Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK) yang tengah berlangsung, Mahfud Md turut berkomentar. Mantan Ketua MK tersebut menghimbau kepada masyarakat agar menyaksikan jalannya sidang. Menurutnya, hal tersebut perlu ditonton bahwa masyarakat akan mengetahui siapa yang bohong dalam sidang.

“Kita ikutin (sidang sengketa Pilpres di MK) sebagai pembelajaran kepada masyarakat, kita ikuti sidang MK ini dan itu sudah terbuka, siapa yang bohong akan ketahuan, siapa yang berdrama akan ketahuan, kan gitu,” kata Mahfud pada Kamis (20/06/2019).

Baca Juga: Amplop Misterius Dipermasalahkan, KPU Minta Kubu 02 Tanyai Saksinya Sendiri

Mahfud menilai bahwa masyarakat kini mulai peka dan mampu menilai jalannya persidangan tersebut.

“Rakyat kan tidak bodoh, ‘oh ini orang berdrama, oh ini orang nggak ngerti masalah, oh ini orang hanya mengambil segmen tertentu’. Itu sudah terlihat semua dari sidang-sidang. Nah masyarakat biar nonton sampai MK membuat vonis,” ujarnya.

Selain itu, pria kelahiran Sampang tersebut juga memberi saran kepada hakim MK supaya benar-benar cermat dalam membuat vonis.

“(MK) jangan hanya mengatakan gugatan dikabulkan, misalnya, atau gugatan ditolak. Jangan hanya begitu. Harus ada argumen, seperti, ya ini pengalaman saja, bukan karena saya. Dulu tahun 2009 ramainya bukan main, begitu saya putus jam 4, jam 5 sore udah selesai semua tahun 2009. Karena kita argumennya jelas, setiap dalil itu dibahas,” pungkas Mahfud. (Elhas-harianindo.com)