Jakarta – PT Freeport Indonesia kembali menyelenggarakan program tahunan untuk membantu putra-putri Papua untuk mengenyam pendidikan di Amerika Serikat. Menggandeng AMINEF, tahun ini sebanyak empat dari keseluruhan 26 orang yang diberangkatkan melalui program Community College Initiative (CCI). Rencananya, para penerima beasiswa ini akan menjalani masa studi selama 2 semester di beberapa community college di Amerika Serikat.

Natalius Fillep Marani adalah salah satu awardee yang mengambil jurusan Ilmu Media dan Teknologi Komunikasi di Kirkwood Community College, Iowa. Sebelumnya, Natalius sudah delapan tahun mengajar di sekolah Jayawijaya di Tembagapura sebagai konsultan teknologi informasi (IT).

“Ketika saya melihat ada pengumuman dari Freeport soal beasiswa ini, saya langsung mendaftar karena memang cita-cita saya adalah menjadi web developer. Karena itu, saya berterima kasih sekali kepada Freeport karena sudah mendukung saya selama ini,” ujar Natalius pada Jumat (28/06/2019).

Setelah masa studinya berakhir, Natalius yang berasal dari Manokwari tersebut memiliki gagasan untuk meningkatkan pendidikan IT di Kabupaten Mimika. Tak hanya itu, Natalius juga berniat untuk membantu para Mama Papua dalam bidang pemasaran produk dagangan.

Penerima beasiswa lainnya adalah Mici Eka Wontini Maniagasi. Mici rencananya akan mengambil jurusan pendidikan anak usia dini di Northern Virginia Community College, Virginia. Untuk rencana ke depan, Mici memiliki ide untuk membuka kursus bahasa Inggris di Jayapura, tempat tinggalnya.

“Saya ingin membuka kursus Bahasa Inggris yang akan diperuntukkan tidak saja bagi siswa, namun juga bagi guru sekolah dasar dan sekolah Minggu di gereja. Saya juga ingin membuka workshop kecil untuk ibu-ibu muda tentang cara mengurus anak dan memberikan penjelasan kepada mereka tentang mengapa pendidikan itu sangat penting dan harus dimulai sejak usia dini,” ujar Mici.

Sedangkan dua orang penerima beasiswa lainnya adalah Junus Marthin Albertho Kbarek dan Nur Hayyu Supriatin. Junus mengambil jurusan Administrasi Bisnis di Bunker Hill Community College, Massachusetts. Sementara Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini di Mesa Community College, Arizona menjadi tujuan studi Nur.

Dimulai sejak 1998, program kerja sama antara PT Freeport Indonesia dengan AMINEF ini telah berjalan 12 tahun. Untuk periode 2016 hingga 2020, alokasi dana yang disediakan mencapai angka 1 juta dolar AS. (Elhas-www.harianindo.com)