Jakarta – Nampak seekor komodo dengan lahap menyantap seekor monyet secara utuh. Adegan tersebut berasal dari sebuah video yang tengah viral di internet. Seolah tanpa kesulitan yang berarti, kadal raksasa tersebut mampu menelan primata tersebut dengan waktu yang singkat.

Video yang hanya berdurasi 15 detik tersebut diawali dengan seekor komodo yang sudah melahap separuh badan monyet. Sepanjang video, komodo tersebut melakukan gerakan menelan agar tubuh monyet tersebut masuk ke dalam perutnya.

Monyet yang menjadi mangsa reptil tersebut tidak berbuat apapun. Besar kemungkinan monyet itu telah terkena pengaruh liur komodo yang dikenal berbahaya. Diketahui bahwa air liur komodo mengandung 50 jenis bakteri mematikan. Meskipun mangsa berhasil lolos, namun ia akan tetap mati keracunan darah apabila telah tergigit komodo.

Meskipun tidak disebutkan di mana lokasi kejadian tersebut, namun besar dugaan video tersebut direkam di Pulau Komodo. Komodo merupakan satwa endemik khas pulau tersebut.

Biasanya, Komodo memangsa babi, rusa, dan ular sebagai makanan utamanya. Hewan tersebut sangat jarang memangsa manusia. Secara statistik, hanya ada empat kasus komodo menyerang manusia selama 40 tahun terakhir. (Elhas-www.harianindo.com)