Jakarta – Anies Baswedan, selaku Gubernur DKI Jakarta mengadakan pertemuan tertutup dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan. Pertemuan tersebut membahas mengenai bus listrik. Pertemuan berlangsung tertutup untuk awak media ini berlangsung di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (02/08/2019).

Anies menyatkan belum memberitahukan hasil pertemuan tersebut karena pembahasannya belum selesai.

“Kita bahas soal bus tadi, bus listrik. Nanti, kan masih pembahasan,” ujar Anies.

Menurut Anies tujuannya bertemu dengan Jonan menjadi salah satu upaya untuk mempercepat konversi bus menjadi bus listrik. Ia mengaku membutuhkan dukungan Jonan khususnya dalam wilayah pembuatan peraturan.

“Kita membutuhkan dukungan peraturan yang membuat ini berjalan dengan cepat. Itu sebabnya tadi ngobrol dengan pak Jonan seputar itu,” pungkasnya.

Syafrin Liputo , selaku Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengatakan bahwa pihaknya saat ini sedang mengembangkan kendaraan listrik. Bahkan saat ini Dishub sedang melakukan uji coba kendaraan massal tersebut.

Syafrin menyatakan proyek tersebut dijalankan lantaran kondisi polusi udara di DKI Jakarta sudah tinggi. Ia menganggap kendaraan listrik akan menjadi solusi.

“Dikembangkan di Jakarta dengan kondisi polusi yang tinggi. Untuk itu kami sedang uji coba,” ujar Syafrin saat dihubungi, Kamis (01/08/2019). (NRY-www.harianindo.com)