Jakarta – Amien Rais melontarkan peringatan kepada PAN agar tidak berbelok bergabung dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dengan dalih demi menjaga akidah. Pernyataan Amien tersebut justru dikhawatirkan oleh politikus Partai Demokrat, Ruhut Sitompul.

Amien terlihat serius menjaga PAN untuk tetap mengambil sikap sebagai oposisi. Bahkan, ia beranggapan bahwa kalau PAN harus menanggung malu di depan Tuhan jika akhirnya lebih memilih untuk bergabung dengan koalisi Jokowi.

“Pak Amien Rais mengatakan koalisi PAN dengan Pemerintahan Bapak Joko Widodo sama dengan menggadaikan ‘Akidah’,” kata Ruhut di Twitter @ruhutsitompul pada Sabtu (03/08/2019).

Mendengar apa yang dinyatakan oleh Amien, Ruhut jadi memikirkan perasaan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang juga merupakan besan Amien Rais. Selain itu Ruhut juga memikirkan kader dan deklarator PAN yang non muslim.

“Gimana ya perasaan besannya yang juga Ketua Umum PAN Pak Zul belum lagi para deklarator PAN dan pengurus yang non muslim,” tandasnya.

Sebelumnya, Amien Rais beranggapan bahwa PAN nantinya akan terlihat hina di mata Tuhan jika memilih bergabung dengan pemerintahan Presiden Joko Widodo. Maka, Amien pun menyerukan agar PAN tetap konsisten untuk berdiri pada barisan oposisi.

Seruan kepada PAN dinyatakan oleh Amien Rais melalui surat yang dibacakan senior Instruktur PAN Icu Zulkafril dalam focus group discussion (FGD) di Padepokan Pencak Silat TMII, Jumat (02/08/2019).

Dia menyerukan bahwa PAN tidak menggadaikan sikap politik untuk kepentingan yang berjangka pendek.

“Alangkah aib dan malu, serta hina dina PAN di hadapan Allah YME. Kita gadaikan aqidah dan politik kita untuk kepentingan sesaat, sedangkan masa depan PAN sungguh tragis dan tidak ada lagi jalan kembali,” tulis Amien. (Hr-www.harianindo.com)