Jakarta – Menko Polhukam Wiranto ditusuk oleh seorang pria bernama Syahril Alamsyah alias Abu Rara beberapa saat lalu. Abu Rara diduga terpapar radikal ISIS (Islamic State of Iraq and Syria). Seperti diketahui bahwa sudah ada beberapa kasus penusukan yang pernah dilakukan ISIS.

“Diduga pelaku atas nama SA tersebut terpapar oleh radikal ISIS. Nanti kami dalami apakah SA ini memiliki jaringan dengan JAD di Cirebon atau JAD lain di Sumatera,” jelas Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo dalam keterangan kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (10/10/2019).

Di sisi lain, polisi juga membekuk seorang wanita bernama Fitri Andriana. Ia adalah ostri dari Abu Rara.

BIN pun telah mengidentifikasi SA alias Abu Rara memang tergabung dengan JAD Kendiri. JAD sendiri diketahui berafiliasi dengan ISIS.

“Bahwa dari dua pelaku ini kita sudah bisa mengidentifikasi bahwa pelaku adalah kelompok JAD Bekasi,” ujar Kepala BIN Budi Gunawan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Kamis (10/10/2019).

Berdasarkan hasil deteksi BIN, Abu Rara awalnya bergabung dalam sel JAD Kediri. Abu Rara kemudian teridentifikasi pindah ke Bogor.

Seperti diketahui bahwa beberapa saat lalu, ISIS beberapa kali pernah melakukan penusukan terhadap pejabat negara atau aparat. Aksi penusukan tersebut sebelumnya pernah terjadi di Indonesia. (NRY-harianimdo.com)