Jakarta – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, terpantau turut hadir dalam Kongres NasDem dan mendapatkan kesempatan untuk memberikan pidato kepada seluruh kader NasDem. Ketum NasDem mengundangnya secara langsung untuk menghadiri acara tersebut dan seklaigus untuk acara penutupan kongres.

“Iya saya diundang langsung (Surya Paloh) untuk menghadiri kongres dan besok juga penutupan kalau tidak ada halangan saya akan hadir. Karena saya dinas dari luar negeri baru mendarat tadi malam,” ujar RK di sela-sela Kongres II NasDem, di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (10/11/2019).

Kendati mendapatkan undangan secara langsung dari Paloh, RK membantah kehadirannya bekaitan dengan kontestasi Pilpres 2024. RK mengungkapkan bahwa dirinya baru saja menduduki jabatan sebagai Gubernur Jawa Barat.

“Saya kira terlalu jauh ya (Pilpres 2024) buat saya ya. Saya adalah gubernur yang masih baru, sedang bekerja,” ungkapnya.

“Jadi, kalau dikaitkan-kaitkan dengan hal-hal yang masih jauh, menurut saya, masih belum saatnyalah. Saya ingin fokus membahas hal-hal dekat dengan saya,” lanjut RK.

Lebih lanjut RK menuturkan bahwa dirinya belum ada niatan untuk bergabung dengan NasDem. Dia menegasakn belum ada kepentingan secara teknis dengan NasDem.

“Nggak ada, belum ada ya. Jadi ini kan pengamatan aja dari luar, tapi sebenarnya tidak ada seteknis itu,” tuturnya.

Saat ditanya nanti akan ada kemungkinan bergabung dengan NasDem, RK mengaku masih menunggu saat yang tepat. Dia menjelaskan masih ingin berfokus di Jawa Barat dulu.

“Ya kita tunggu saja pada saat momennya. Nggak bisa saya jawab sekarang karena banyak dimensi-dimensi yang saya harus lakukan,” ungkapnya.

“Intinya, saya sebagai Gubernur Jawa Barat, sedang fokus di Jawa Barat. Sisa waktu 4 tahun, saya ingin berprestasi, saya ingin memberikan harapan kepada rakyat Jawa Barat,” lanjut RK.

Sebelum RK, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah terlebih dahulu hadir dalam kongres tersebut dan memberikan sambutan saat acara pembukaan.

“Sebelas hari yang lalu kita di Jakarta memperingati Hari Sumpah Pemuda. Ketika kongres NasDem diputuskan di Jakarta maka ini mengingatkan pada kita di sini hadir peserta kongres dari seluruh Indonesia. Di kota inilah simpul persatuan Indonesia ditalieratkan untuk pertama kalinya,” tutur Anies, dalam sabutannya di Kongres II Nasdem, di JI Expo Kemayoran, Jumat (08/11).

Sementara itu, Ketum Partai NasDem Surya Paloh memberikan tanggapan terhadap wacana hadirnya Anies dalam kongres berkaitan dengan kontestasi politik 2024. Paloh menyerahkan sepenuhnya keputusan tersebut kepada Anies.

“Terserah Bung Anies barangkali kalau dia memang yakin dia mau maju 2024, tanya Anies,” sahut Ketum NasDem itu. (Hr-www.harianindo.com)