Ciamis – Ketika mendengar kata “rumah”, para generasi milennial biasanya akan membayangkan harga yang kian lama kian tak terjangkau. Akan tetapi, ada seseorang dari Ciamis yang berhasil membangun rumah hanya dengan bermodalkan Rp 15 juta.

Seorang pengguna Facebook bernama Setyhanissa Oktaviana membagikan foto-foto rumah miliknya yang dibangun dengan modal 15 juta saja. Dalam unggahannya, nampak tahapan pembangunan rumah kecil tersebut.

Sontak, unggahan yang muncul di dunia maya pada Rabu (13/11/2019) lalu tersebut menjadi bahan pembicaraan netizen dan menjadi viral. Meski bermodalkan 15 juta, namun rumah tersebut terlihat memiliki kelengkapan seperti rumah pada umumnya seperti pondasi, kerangka, dan berbentuk bangunan kecil dengan pintu, jendela dan atap.

Usut punya usut, ternyata Prayitno lah sosok di balik rumah murah 15 juta tersebut. Ia membenarkan bahwa biaya pembangunan rumah berukuran 7×9 meter tersebut hanya menghabiskan dana belasan juta.

“Memang benar 15 juta rupiah itu dana yang saya habiskan. Tapi 15 juta itu untuk seluruh materialnya saja,” kata Prayitno pada Selasa (19/11/2019).

Rumah tersebut memang sederhana. Hanya memiliki dua kamar tidur, satu ruang tamu, satu kamar mandi, dan satu dapur sederhana. Rumah itu juga dibangun dengan pondasi tak sampai satu meter dan menggunakan material baja ringan dan GRC Board.

Selain merancang dan menentukan material rumah sendirian, Prayitno mengaku hanya membutuhkan waktu 15 hari untuk membangun rumah tersebut.

“Saya desain sendiri mengingat bahan materialnya yang mahal dan saya berpikir bagaimana meskipun saya hanya memiliki uang yang terbatas, tapi saya bisa memilikiĀ rumah,” kata Prayitno yang berprofesi sebagai kuli itu.

Prayitno pun menyadari bahwa ada sejumlah kelebihan dan kekurangan dalam rumah rancangannya tersebut. Meskipun tahan rayap dan tak akan lapuk karena menggunakan material baja ringan. Akan tetapi rumah tersebut rentan ambruk apabila terkena hantaman keras.

Meski demikian, Prayitno berharap semoga unggahan viral tentang rumahnya tersebut mampu menginspirasi orang lain yang ingin membangun rumah namun kekurangan dana. (Elhas-harianindo.com)